Doa Katolik

Mengenal Gereja Katolik Keuskupan Sintang Lengkap Daftar Paroki Keuskupan Sintang

Daerah Gereja Katolik Keuskupan Sintang meliputi tiga kabupaten dari provinsi Kalimantan Barat, yaitu Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, dan Melawi.

parkatsintang.or.id
Gereja Katolik Keuskupan Sintang. Gereja Katolik Keuskupan Sintang merupakan Keuskupan Sufragan dari Keuskupan Agung Pontianak yang berpusat di Kota Sintang, Kalimantan Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gereja Katolik Keuskupan Sintang terletak di bagian hulu Sungai Kapuas dan Sungai Melawi.

Daerah Gereja Katolik Keuskupan Sintang meliputi tiga kabupaten dari provinsi Kalimantan Barat, yaitu Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Kapuas Hulu, dengan luas wilayah 62.120 km⊃2;.

Gereja Katolik Keuskupan Sintang merupakan Keuskupan Sufragan dari Keuskupan Agung Pontianak yang berpusat di Kota Sintang, Kalimantan Barat.

Gereja Katolik Keuskupan Sintang didirikan sebagai Prefektur Apostolik Sintang pada tanggal 11 Maret 1948 dan memisahkan diri dari Vikariat Apostolik Pontianak.

Selanjutnya Gereja Katolik Keuskupan Sintang ditingkatkan menjadi Vikariat Apostolik Sintang pada tanggal 23 April 1956.

Lalu terakhir Gereja Katolik Keuskupan Sintang ditingkatkan menjadi Keuskupan Sintang pada tanggal 3 Januari 1961.

Mengenal Gereja Katolik Katedral Hati Kudus Yesus Keuskupan Sanggau

Permulaan Misi

Disadur dari wikipedia, Gereja di Keuskupan Sintang dimulai dari sebuah “biji” yang betul-betul kecil dan hampir tidak kelihatan, yakni wilayah Sejiram.

Ketika seluruh Nusantara masih di bawah satu Vikariat Apostolik Jakarta, sudah ada maksud mendirikan karya misi di antara orang-orang Dayak.

Dalam surat Vikaris Apostolik dari Batavia tertanggal 25 Februari 1884, dengan nomor 178, Mgr. Claessens memberitahu tentang pertemuannya dengan Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Buitenzorg (bogor), yang menyatakan kemungkinan pemerintah Belanda memberi daerah Borneo bagi Misi Katolik.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved