Doa Katolik

Mengenal Gereja Katolik Kristus Raja Paroki Sambas Keuskupan Agung Pontianak

Jauh sebelum lahirnya Gereja Katolik Gereja Katolik Kristus Raja Paroki Sambas, Pastor Beatus dari Singkawang (1906-1908) dan Pastor Marcellus.

omkkristusrajasambas
Gereja Katolik Gereja Katolik Kristus Raja Paroki Sambas Keuskupan Agung Pontianak. Jauh sebelum lahirnya Gereja Katolik Gereja Katolik Kristus Raja Paroki Sambas, Pastor Beatus dari Singkawang (1906-1908) dan Pastor Marcellus dari Pemangkat (1908-1913) sering mengunjungi daerah ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gereja Katolik Kristus Raja Paroki Sambas merupakan Gereja Katolik Roma di Keuskupan Agung Pontianak.

Gereja Katolik Kristus Raja Paroki Sambas terletak di Jalan Durian, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Jauh sebelum lahirnya Gereja Katolik Gereja Katolik Kristus Raja Paroki Sambas, Pastor Beatus dari Singkawang (1906-1908) dan Pastor Marcellus dari Pemangkat (1908-1913) sering mengunjungi daerah ini.

Belum ada stasi resmi di Sambas. Kedatangan mereka secara berkala untuk mengunjungi beberapa keluarga Tionghoa.

Beberapa anak dibawa ke asrama pastor di Singkawang dan kebanyakan dari mereka dipermandikan.

Mereka inilah yang kemudian menjadi pelopor Paroki Sambas.

Mengenal Gereja Katolik Santo Fransiskus Assisi Paroki Singkawang Keuskupan Agung Pontianak

Lahirnya Gereja Katolik Gereja Katolik Kristus Raja Paroki Sambas diceritakan P. Markus Use OFMCap dalam Buku Kenangan Perayaan Satu Abad Paroki Sambas: November , 1913-2013. Paroki Sambas, Sambas, 2013 dalam majalahduta.com.

Pada 23-25 Oktober 1909 dalam rapat Definitorium Ordo Kapusin dibicarakan usaha untuk untuk mendirikan sebuah stasi baru di Sambas.

Pertimbanganya ialah di Sambas sudah ada cukup banyak yang Katolik.

Anjuran dari hasil rapat Ordo tersebut belum sepenuhnya ditanggapi, sebab terbatasnya tenaga yang bisa diutus ke wilayah Pantai Utara Borneo itu.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved