Kapuas Hulu Zona Hijau PMK, Pemda Vaksin Ternak Sapi

"Ini berkat kerjasama berbagai pihak sangat dibutuhkan, terutama dalam pengawasan lalu lintas ternak dari daerah tertular," ucapnya.

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/HUMAS PEMKAB KAPUAS HULU
VAKSIN PMK - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, didampingi Sekretaris Daerah Kapuas Hulu H Mohd Zaini, saat melaunching vaksinasi masal terhadap hewan ternak seperti sapi untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kapuas Hulu, Senin 15 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUASHULU - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, didampingi Sekretaris Daerah Kapuas Hulu H Mohd Zaini, telah melaunching vaksinasi masal terhadap hewan ternak seperti sapi untuk mencegah penyakit mulut dan kuku ( PMK ) di Kapuas Hulu, Senin 15 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut juga adalah dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022, dimana dilaksanakan Poktan Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan.

Wabup menyatakan, jumlah sapi yang divaksin sebanyak 100 ekor, bukan berarti divaksin adanya PMK, dimana tujuan adalah untuk mencegah.

"Sejauh ini belum ada temuan PMK di Kapuas Hulu," ujarnya.

Tutup Turnamen Futsal Piala Kapuas Hulu HEBAT, Ini Pesan Wabup Wahyudi Hidayat

Dijelaskan Wahyudi Hidayat, saat di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu masih dalam zona hijau dari PMK.

"Ini berkat kerjasama berbagai pihak sangat dibutuhkan, terutama dalam pengawasan lalu lintas ternak dari daerah tertular," ucapnya.

Selain itu juga optimalisasi lalu lintas ternak melalui satgas dan posko lalu lintas ternak perlu ditingkatkan, guna mengantisipasi masuknya ternak dari daerah lain yang sudah tertular PMK.

"Kami berharap kepada masyarakat atau para peternak di Kapuas Hulu untuk tidak panik terhadap PMK, karena ini tidak bersifat zoonosis, namun harus tetap meningkatkan kewaspadaan dengan tetap mematuhi ketentuan ataupun kebijaksanaan yang telah diatur berdasarkan surat edaran satuan tugas PMK," ujarnya.

Tambahnya, populasi sapi di Kapuas Hulu yang cukup banyak, perlu dilakukan upaya serius guna pencegahan terhadap ternak agar terhindar dari PMK.

"Dengan memberikan vaksinasi, Adapun tujuan dari pemberian vaksin PMK ini untuk memberikan pencegahan dan kekebalan kepada hewan ternak," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved