Sekolah Lapang Agroforestry Kopi di Kayong Utara, Ini Pesan Kepala BPSKL Wilayah Kalimantan

Kemudian, hari berikutnya peserta diajak untuk praktek pengelolaan kopi, materi dan praktek disampaikan oleh Rieny Octavianty Taufik.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/Dok. YP.
Sebanyak 35 peserta sekolah lapang yang merupakan perwakilan dari 7 hutan desa diberikan materi terkait teori dan praktek tentang budidaya kopi dan pasca panen kopi, oleh Gusti Iwan Darmawan sebagai pemateri kegiatan Sekolah Lapang Agroforestry Kopi di Desa Penjalaan, kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Rabu 20 Juli 2022. TRIBUN PONTIANAK/Dok. YP. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONGUTARA - Pada pelatihan Balai PSKL Wilayah Kalimantan telah mengadakan Sekolah Lapang Agroforestry Kopi selama 5 hari yang telah dilaksanakan di Desa Penjalaan, kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, kepala Balai PSKL Wilayah Kalimantan memberikan pesan semangat.

Kepala Balai PSKL Wilayah Kalimantan, Ir. Nurhasnih memberikan pesan semangat dan motivasi kepada para petani kopi.

“Untukmeningkatkan produktifitas dan kualitas kopi lokal yang ada di Desa Penjalaan dan sekitarnya khususnya para penggiat Kopi Agroforestry dari skema Perhutanan Sosial,” terangnya.

Pada lanjutan pelatihan yang telah terlaksana ini, para peserta diajak untuk praktek langsung perawatan kebun kopi.

HUT ke-16 PWRI di Kayong Utara, Momentum Pertahankan Kualitas dan Kesehatan Wredhatama

Kemudian, hari berikutnya peserta diajak untuk praktek pengelolaan kopi, materi dan praktek disampaikan oleh Rieny Octavianty Taufik.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan praktek pembuatan bedeng biji, bedeng stek, bedeng permudaan alam, pembuatan naungan, tempat penjemuran kopi dan pengisian polybag.

Peserta diajarkan oleh narasumber (Iwan Kojal), untuk mempelajari bisnis plan budidaya kopi, pengelolaan kopi, praktek analisa finansial dan praktek penyusunan dokumen bisnis plan.

Pada hari terakhir kegiatan tersebut, (minggu 24 juli 2022) peserta melakukan kunjungan lapangan budidaya kopi ke Kelompok Tani Kopi Liberika Cahaya Kayong Seponti di desa Podorukun, Kecamatan Seponti. (*)

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved