Mengenal Komisi II DPR RI Berikut Ruang Lingkup Serta Mitra Kerjanya

Pada DPR Periode 2019-2024 telah ditetapkan jumlah Komisi sebanyak 11 (sebelas) Komisi sampai saat ini.

ISTIMEWA
KOMISI II DPR RI merupakan satu diantara alat kelengkapan dewan yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah. Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,Kepemiluan,Pertanahan dan Reforma Agraria. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ( DPR RI ), umumnya disebut Dewan Perwakilan Rakyat merupakan satu lembaga yang memiliki tugas membuat undang-undang, mengajukan rancangan undang undang yang berkaitan dengan otonomi daerah serta bertugas dalam mengawasi pelakasanaannya.

Keberadaan lembaga legislatif adalah kaitannya dengan sistem ketatanegaraan indonesia yang merupakan lemabaga perwakilan rakyat.

Lembaga ini memiliki pembagian tugas serta meiliki alat kelengkapan dewan.

Komisi merupakan satu diantara Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang bersifat tetap dan jumlahnya ditetapkan pada permulaan masa keanggotaan DPR dan permulaan Tahun Sidang.

Pada DPR Periode 2019-2024 telah ditetapkan jumlah Komisi sebanyak 11 (sebelas) Komisi sampai saat ini.

Dalam artikel berikut ini membahas tentang ruang lingkup dan tugas daripada lembaga DPR RI khusunya komisi II sebagaimana dilansir dari web https://www.dpr.go.id/akd/index/id/Tentang-Komisi-II

Jumlah Anggota Komisi ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR menurut perimbangan dan pemerataan jumlah Anggota tiap-tiap Fraksi pada permulaan masa keanggotaan DPR, permulaan tahun sidang, atau setiap masa sidang.

Setiap Anggota, kecuali Pimpinan MPR dan DPR, harus menjadi Anggota salah satu Komisi.

Balam artikel berikut ini membahas tentang ruang lingkup dan tugas daripada lembaga DPR RI khusunya komisi II.

Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Kalbar Fraksi PDI Perjuangan Laksanakan Reses di Mempawah Hulu

* RUANG LINGKUP DAN TUGAS

Komisi II DPR RI merupakan satu dari 11 (sebelas) Komisi yang ada di DPR RI yang berdasarkan Keputusan Rapat Paripurna DPR RI tanggal 29 Oktober 2019 mempunyai ruang lingkup tugas di bidang:

* Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah.

* Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

* Kepemiluan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved