Camat Kuala Mandor B Kukuhkan Forum Komunikasi Karang Taruna

Camat Kuala Mandor B, Nurwanti mengatakan Karang Taruna Kecamatan KMB kedepannya ikut mensinergikan program dengan Kecamatan KMB salahsatunya sektor s

Penulis: Muhammad Luthfi | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Kominfo
Kecamatan Kuala Mandor B (KMB) Kabupaten Kubu Raya melantik forum komunikasi Karang Taruna. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Kecamatan Kuala Mandor B (KMB) Kabupaten Kubu Raya pertama kalinya melantik forum komunikasi Karang Taruna, yang beranggotakan sebanyak 21 pemuda-pemudi, dari masing-masing lima desa yang ada di Kecamatan Kuala Mandor B.

Camat Kuala Mandor B, Nurwanti mengatakan Karang Taruna Kecamatan KMB kedepannya ikut mensinergikan program dengan Kecamatan KMB salahsatunya sektor sosial adalah menyambut Hari Kemerdekaan RI di bulan Agustus mendatang.

“Dalam menyongsong 17 Agustus mendatang sesuai program mereka yakni kegiatan kepemudaan kemasyarakatan dan social,” ujarnya, dalam rilis yang Tribunpontianak terima, Senin 13 Juni 2022.

Kemenag Kubu Raya Laksanakan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Penyuluh Agama Islam

Selain itu, Nurwanti menyatakan masih rendahnya vaksinasi ditingkat masyarakat menjadi atensinya untuk turut melibatkan pemuda Karang Taruna dalam mengedukasi masyarakat khususnya kaum muda.

“Kecamatan KMB ini masih rendah, kedepannya saya bersama Karang Taruna bersinergi agar dapat mengvaksin kaum remaja yang ada di desa. Kemudian stunting dan sebagainya kita libatkan Karang Taruna untuk membantu penyuluh petugas di desa dalam rangka menekan angka stunting,” timpalnya.

Membawahi lima desa difinitif serta dua desa persiapan Nurwanti merasa optimis untuk kembali membentuk Karang Taruna tingkat desa. 

Dengan adanya Karang Taruna katanya lebih meringankan kinerja Pemerintah desa dalam mengeduksi para remaja desa.

“Disemua desa akan ada Karang Taruna, dan mereka diharapkan dapat membantu perangkat desa,” harapnya.

Dikesempatan yang sama Ketua Karang Taruna Kecamatan KMB, Khairus Salam mengatakan, pihaknya sepakat untuk bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan desa. Hadirnya Karang Taruna kata ia merupakan bagian dari pengabdiaanya ke masyarakat setempat.

“Inilah salah satu bukti kita hadir dimasyarakat dan memberikan pelayanan yang terbaik. Begitu juga ke Pemerintahan kita akan selalu bersinergi dalam melaksanakan perintah maupun menjalankan program karang taruna itu sendiri,” terangnya.

Dikatakannya pihaknya dalam waktu dekat akan mengadakan agenda sunatan massal di Kecamatan KMB. Agenda ini sebut dirinya menjadi salahsatu dampak baik untuk kebutuhan masyarakat.

“Kita juga akan membuka program pencegahan narkotika dikalangan remaja. Karena kami khawatir terhadap pemuda-pemuda yang bisa saja terjerumus ke hal tersebut, selain itu kami siap menjalankan program penekanan angka stunting ke masyarakat,” tegasnya.

Sementara, Tokoh Pemuda Kecamatan KMB, Suib menambahkan para pemuda-pemudi yang terhimpun dalam Karang Taruna ini, tidak bisa bekerja sendiri. 

Sebagai kaum muda, berpotensi untuk melakukan inovasi serta berkreativitas tentunya tidak luput dari pendampingan Pemerintah desa serta Kecamatan setempat.

“Potensi mereka dari sisi mana saja, sehingga dibeberapa waktu kemudian akan kelihatan potensi dari mereka dengan support kebijakan dari pemerintah desa dan kecamatan tentunya sesuai dengan tujuan Karang Taruna itu sendiri,” kata Suib yang merupakan anggota DPRD Provinsi Kalbar. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved