Breaking News:

Alumni PMII Kalbar Raih Gelar Profesor Bidang Tafsir Hadits dari Menteri Agama RI

Legislator muda Kalbar itu juga mendorong dan berharap alumni PMII Kalbar yang meniti karir di dunia akademik untuk terus meningkatkan kualitas

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M.Ag dalam Bidang Tafsir Hadist. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Satu Lagi, Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kalimantan Barat (Kalbar) meraih gelar akademik tertinggi sebagai Guru Besar atau Profesor yaitu Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M.Ag dalam Bidang Tafsir Hadist. 

Peraihan profesor tersebut dibuktikan dengan surat Keputusan yang ditandatangani langsung oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) H. Yaqult Cholil Qoumas tertanggal pada 24 Mei 2022.

Dengan peraihan gelar profesor tersebut, Ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Wilayah Kalimantan Barat Suib, SE menyambut baik dan mengapresiasi capain yang diraih oleh Prof. Dr. KH. Wajidi Sayadi, M.Ag dalam Bidang Tafsir Hadist. 

Menurutnya peraihan gelar profesor tersebut tentu menjadi kebanggaan bagi alumni PMII Kalbar.

Baca juga: Agar Tak Terjadi Penumpukan Sampah, Syamhudi Sarankan Perlu Kebiasaan Tata Kelola Sampah yang Baik

"Kita tentu mengetahui bahwa beliau memiliki spesialisasi yang mumpuni dalam kajian hadist dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya. Tentu ini menambah kebahagiaan kita karena sebelumnya juga telah lahir dua Profesor yakni Prof. Dr. H. Zaenuddin, MA dalam bidang Ilmu Studi Agama serta Prof. Dr. Ibrahim, MA dalam bidang Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam beberapa waktu yang lalu," kata anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat ini, Sabtu 4 Juni 2022.

Legislator muda Kalbar itu juga mendorong dan berharap alumni PMII Kalbar yang meniti karir di dunia akademik untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi keilmuannya. 

"Saya berharap semua alumni PMII yang meniti karir sebagai dosen dan tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kualifikasi kelilmuannya, terutama dalam menjalan fungsi dan tugasnya sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ini tentu penting karena masyarakat perlu figur dan sosok yang memiliki keilmuan dan kompetensi yang otoritatif sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing seperti apa yang ditekuni oleh Prof Wajidi dalam bidang Ilmu Hadist ini," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh H. Kaharudin, S.Ag selaku Plt Ketua PWNU Kalimantan Barat yang juga merupakan Alumni STAI/IAIN Pontianak turut bahagia dan bangga atas raihan alumni ini.

"Kami turut merasakan kebahagiaan dan bangga atas capaian para alumni STAIN/IAIN Pontianak, semoga senantiasa dapat memberikan ilmunya bagi masyarakat Kalbar," ucapnya.

Untuk diketahui, bahwa Prof.Dr.H.Wajidi Sayadi, M.Ag memulai karir pendidikannya dengan menempuh studi s-1 pada Program Studi Tafsir Hadist di UIN Alauddin Makassar Tahun 1996 dan Melanjutkan studi  S2 dan S3 nya pada Program Studi Tafsir Hadist di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Tahun 1998 dan 2006.

Dosen tetap pada Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir IAIN Pontianak ini saat ini banyak beraktivitas sebagai ketua Forum Komunikasi Penanggungalang Terorisme (FKPT) Kalbar serta menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kalbar serta sebagai Wakil Syuriah PWNU Kalbar.

Sehari-harinya sering mengisi berbagai pengajian tematik dan seminar ilmiah yang diselenggarakan oleh Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Masjid al-Jamaah Pontianak, serta berbagai kegiatan Focus Group Discussion yang digelar Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kalbar. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved