MPC ke 15 dan Hari Jamu Nasional, Farmasi Unmul Pra Deklarasi Jamu Indonesia

Acara MPC ke-15 yang bersamaan dengan momentum hari Jamu Nasional, harus dimanfaatkan untuk memulai suatu rencana besar untuk majunya Jamu Indonesia.

Penulis: ruddy | Editor: ruddy
MPC ke 15 dan Hari Jamu Nasional, Farmasi Unmul Pra Deklarasi Jamu Indonesia
Tribunpontianak.co.id/ist
Suasana pradeklarasi Dewan Jamu Indonesia di Gedung Hub Unmul Samarinda saat berlangsung MPC ke 15 27-29 Mei 2022

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMARINDA - Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman kembali mengadakan agenda rutin MPC  (Mulawarman Pharmaceutical Conference) yang ke-15.

Acara MPC kali ini menjadi spesial karena dirangkai dengan peringatan hari Jamu Nasional ke-14, sehingga tema yang diusung adalah “Prospek dan Aksi Pengembangan Jamu sebagai Produk Farmasi Unggulan dan Utama di Indonesia Berbasis Efikasi, Keamanan, serta Filosofi DJAMPI-OESODO”.

Pembukaan MPC ke-15 dilaksanakan Jumat 27 Mei 2022 malam di Gedung Unmul Hub Samarinda yang dihadiri oleh para akademisi dari beberapa perguruan tinggi, komunitas penggiat jamu, para pengusaha jamu, serta para pemegang kebijakan di Indonesia.

Pada malam pembukaan MPC tampak sejumlah pejabat yakni Dekan Fakultas Farmasi Unmul, Prof Dr H Laode Rijai, MSi. Rektor Unmul diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Ir Mustofa Agung Sardjono, Gubernur Kalimantan Timur diwakili Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Drs Andi Muhammad Ishak MSi, Apt.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI yang diwakili oleh drh Rachmi Setyorini MKM selaku Direktur Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik dan Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Dr apt Dra. Lucia Rizka Andalusia M.Pharm., MARS yang sekaligus membuka acara MPC ke-15.

Luzia Rizka dalam sambutanya menyampaikan, kementerian kesehatan sangat mengapresiasi Fakultas Farmasi Unmul yang telah mengadakan kegiatan yang mengangkat bahan alam menjadi produk jamu unggulan yang akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Pada hari ke-2 MPC Sabtu 28 Mei 2022 hadir para narasumber dari berbagai institusi baik secara offline di Gedung Unmul Hub Samarinda dan juga secara online melalui zoom meeting.

Narasumber yang hadir yaki Dr apt Dra Lucia Rizka Andalusia, M.Pharm., MARS drh Rachmi Setyorini, MKM, Drs. Irwan Hidayat (Direktur PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.), Prof Dr dr Nyoman Kertia, Sp.PD-KR (Ketua Tim Pengembangan Obat Bahan Alam RSUP Dr Sardjito Yogyakarta), apt. Drs Victor S.Ringoringo, SE MSc (Chief Business Development and Research & Development Deltomed), Hj. Dwi Ranny Pertiwi Zarman, SE., MH. (Ketua Umum Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia), dr. Hardhi Pranata, Sp.S MARS (Pendiri dan Penasehat PDHMI 2021-2024) dan Prof Dr H Laode Rijai, M.Si, (Dekan Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman).

Rangkaian seminar pada hari kedua disambut antusias oleh para peserta yang hadir secara online maupun offline dengan aktif pada sesi diskusi. Salah satu narasumber yaitu Hj Dwi Ranny Pertiwi Zarman bahkan memberikan kejutan berupa door prize bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan yang menambah semangat para peserta.

Dekan Fakultas Farmasi Prof Dr H Laode Rijai, M.Si, dalam seminarnya menyampaikan perlunya suatu strategi untuk menjadikan Jamu sebagai tuan rumah produk farmasi yang unggul di negeri sendiri, Indonesia.  Oleh karena itu ia menginisiasi untuk pembentukan suatu badan yang bergerak berdasarkan semangat tersebut melalui Dewan Jamu Indonesia.

Victor S.Ringoringo  menambahkan, acara MPC ke-15 yang bersamaan dengan momentum hari Jamu Nasional, harus dimanfaatkan untuk memulai suatu rencana besar untuk majunya Jamu Indonesia.

Dwi Ranny Pertiwi Zarman juga menyampaikan, MPC kali ini dapat menjadi sejarah, dan tentu saja kehormatan untuk Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman, sebagai tempat deklarasi awal dalam pembentukan Dewan Jamu Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Prof Dr H Sidik Apt sebagai pakar herbal Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap deklarasi tersebut.

Disaksikan para peserta yang hadir secara luring dan daring, deklarasi awal pembentukan Dewan Jamu Indonesia dilaksanakan dan diikrarkan oleh Prof Dr H Laode Rijai, MSi, Drs Victor S.Ringoringo, SE, MSc, dr. Hardhi Pranata, SpS, MARS; dan Hj Dwi Ranny Pertiwi Zarman, SE, MH. Momen pradeklarasi menjadi penutup rangkaian acara MPC ke 15 tahun 2022. (rdi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved