Unit Reskrim Polsek Pontianak Utara Ringkus Komplotan Curanmor, Satu Tersangka Ditembak

Saat interogasi, MD mengakui bahwa ia melakukan pencurian itu berdana temannya SB, dari keterangan MD petugas kemudian berhasil mengamankan SB

Penulis: Ferryanto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ferryanto
Komplotan Pencuri spesialis Sepeda motor yang berhasil ditangkap oleh Unit Reskrim Polsek Pontianak Utara, Jumat 20 Mei 2022. Tribun Pontianak Ferryanto. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Melawan saat diamankan, satu pelaku pencurian kendaraan bermotor yang sudah beraksi berkali - kali di Kota Pontianak dihadiahi timah panas di kedua kakinya oleh unit Reskrim Polsek Pontianak Utara.

Kapolsek Pontianak Utara AKP Suryadi menyampaikan bahwa tersangka yang diberikan tindakan tegas terukur berinisial MD (32).

Dijelaskan AKP Suryadi, MD merupakan komplotan spesialis pencurian kendaraan bermotor di Kota Pontianak.

Dirinya beraksi bersama seorang temannya berinisial SB (34).

Ditinggal Berkebun, Satu Unit Rumah di Pontianak Utara Ludes Terbakar

Penangkap terhadap MD dan seorang rekannya berinisial SB(34) bermula dari laporan kehilangan sepeda motor pada tanggal 16 dan 17 Mei 2022 di wilayah Kecamatan Pontianak Utara, tepatnya dikawasan Pasar Puting dan jalan Selat Sumba.

Berdasarkan laporan tersebut, unit Reskrim Polsek Pontianak Utara yang melakukan serangkaian penyelidikan berhasil mengidentifikasi pelaku pencurian itu yang tidak lain adalah MD dan SB yang sudah berulang kali ditangkap atas kejahatan yang sama.

Lalu pada tanggal 18 Mei 2022, petugas mendapati informasi keberadaan MD yang saat itu berada dikawasan Pasar Puring Pontianak dan berhasil mengamankannya.

Saat interogasi, MD mengakui bahwa ia melakukan pencurian itu berdana temannya SB, dari keterangan MD petugas kemudian berhasil mengamankan SB dirumahnya.

"Saat dilakukan pengembangan untuk menunjukkan barang hasil curian, tersangka MD melawan petugas dan berusaha melarikan diri, atas hal tersebut anggota memberikannya tindakan tegas terukur," jelas AKP Suryadi di Mapolsek Pontianak Utara, Jumat 20 Mei 2022.

Dari hasil pengembangan, petugas juga berhasil mengamankan 3 orang penadah hasil kejahatan dari MD dan SB, bahkan ada diantara penadah yang diamankan dari Kota Singkawang.

AKP Suryadi mengungkapkan bahwa kelima orang yang diamankan merupakan satu komplotan, dimana MD dan SB merupakan pemetik atau pelaku pencurian, sementara 3 orang lainnya yang diamankan spesialis penadah dan mencarikan pembeli.

Modus yang digunakan saat ini tidaklah menggunakan kunci T atau merusak kunci, para tersangka mencari sepeda motor yang tidak dikunci stang kemudian didorong, setelah tiba ditempat aman mereka baru membuat kunci motor baru.

Kepada masyarakat, iapun menghimbau untuk selalu waspada dalam memarkir kendaraan bermotornya, ia berharap selalu menggunakan kunci ganda dan tidak lupa mengunci stang.

Atas perbuatannya, tersangka SB dan MD akan dijerat dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman hingga 5 tahun, sementara 3 penadah lainnya akan dijerat dengan pasal 480 KUHP. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved