Pemkab Kapuas Hulu Pastikan Layanan Operasi Caesar dan Bedah Sudah Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan, untuk sementara bisa berjalan seperti biasa, khususnya pasien yang melahirkan dan harus operasi

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Sudarso
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu, Sudarso. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabupaten Kapuas Hulu, Sudarso mengakui, kalau sempat layanan operasi caesar dan bedah, di RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau terhambat bagi peserta BPJS Kesehatan.

"Hal tersebut terjadi dikarenakan, tidak adanya dokter spesialis anestesi sebagai penanggung jawab dalam setiap tindakan anestesi yang selama ini hanya dilakukan oleh perawat anestesi," ujarnya kepada wartawan, Selasa 10 Mei 2022.

Namun, kata Sudarso kalau pihaknya telah mengambil langkah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan, sehingga tindakan operasi tersebut masih bisa ditanggung bagi peserta BPJS Kesehatan.

Baca juga: Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan Minta Kades Tekalong Harus Berkreatif dan Inovatif

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak BPJS Kesehatan, untuk sementara bisa berjalan seperti biasa, khususnya pasien yang melahirkan dan harus operasi menggunakan BPJS Kesehatan. Tidak ada kendala lagi," ucapnya.

Dijelaskan juga bahwa, untuk proses klaim BPJS Kesehatan di tingkat Puskesmas juga sudah berjalan seperti biasanya. Walau sempat terkendala tidak ada dokter penanggung jawab.

"Termasuk dengan puskesmas yang tidak ada dokter kemarin, yang belum bisa klaim BPJS Kesehatan, itu juga sudah bisa klaim. Kita sudah mengambil langkah ada dokter penanggung jawab yang ditunjuk sehingga bisa dipakai untuk proses tersebut. Ini sudah ada persetujuan dari BPJS Kesehatan," ungkapnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kapuas Hulu)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved