Kadisporapar Optimis Sektor Pariwisata dan Ekraf Akan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Kalbar

Namun dikarenakan, saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, Festival meriam karbit belum dapat di selengkarakan.

TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD LUTHFI
Meriam Karbit di Tambelan Sambit, Tanjung Raya I, Kota Pontianak, Rabu, 27 April 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Turut berpartisipasi memainkan Meriam Karbit di Tambelan Sambit, Tanjung Raya I, Kota Pontianak.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari menyampaikan bahwa permainan meriam karbit, ia nilai sangat menarik, dan memiliki potensi yang besar untuk menarik minat wisatawan.

“Tadikan sudah kita lihat bersama, betapa atraksi ini sangat menarik sekali dan saya langsung tadi mencobanya, para wisatawan memang banyak yang ingin untuk mencoba, pasti,” jelasnya, Rabu, 27 April 2022

Lanjut Windy menerangkan, Festival meriam karbit sudah masuk kedalam kalender event Kalimantan Barat.

Namun dikarenakan, saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, Festival meriam karbit belum dapat di selengkarakan.

“Nah apalagi sebenarnya Festival meriam karbit ini sudah masuk di beberapa tahun kalender event Kalimantan Barat. Tapi pada saat pandemi Covid - 19 ini memang di tiadakan, karena khawatir mengundang kerumunan,” ungkapnya.

Budaya dan Tradisi Meriam Karbit di Pontianak yang Terus Dilestarikan

Kata Windy menjelaskan, atraksi permainan meriam karbit merupakan satu di antara Destinasi Wisata yang ada di Kalbar. Menurutnya, tidak ada atraksi serupa di daerah lain.

Oleh karena itu, karena besarnya potensi wisata dari atraksi Meriam Karbit, Windy mengajak masyarakat untuk terus mengembakan atraksi Meriam Karbit.

“Jadi ini adalah salah satu atraksi yang bisa kita hadirkan di destinasi wisata yang ada di Kalimantan Barat. Tidak banyak yang ada atraksi-atraksi seperti ini di daerah-daerah lain. Untuk itu, kita harus lebih mengembangkan atraksi ini,” katanya.

Sektor pariwisata sejauh ini pelan-pelan mulai bangkit, dan kita optismis pasti dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat, pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved