Hindari Langsung Berangkat Mudik Lebaran 2022 usai Vaksinasi Booster, Ini Efek Sampingnya

Pemerintah menjadikan vaksinasi booster sebagai salah satu syarat mudik Lebaran 2022, sehingga pemudik tak perlu menunjukkan tes PCR dan antigen.

Editor: Rizky Zulham
NET/Google
Ilustrasi - Hindari Langsung Berangkat Mudik Lebaran 2022 usai Vaksinasi Booster di Hari Sama. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Hindari langsung berangkat mudik lebaran Idul Fitri 2022 usai mendapat vaksinansi Booster dosis ketiga.

Pemerintah menjadikan vaksinasi booster sebagai salah satu syarat mudik Lebaran 2022, sehingga pemudik tak perlu menunjukkan tes PCR dan antigen.

Akan tetapi, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik disarankan untuk tidak melakukan perjalanan mudik selepas melakukan vaksinasi booster.

Selain itu, antibodi yang terbentuk dari vaksin booster juga memerlukan waktu beberapa hari sebelum berdampak optimal untuk tubuh.

Mengenal Sejarah Asal Usul Mudik Lebaran Idul Fitri di Indonesia, Sudah Ada Sejak Kapan?

Nah, mengapa kita sebaiknya tidak melakukan perjalanan mudik pada hari yang sama setelah mudik?

Begini penjelasan dan imbauan yang diberikan Kementerian Kesehatan kepada masyarakat yang hendak menjalani mudik lebaran 2022.

Penjelasan dari Kemenkes

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, melakukan vaksinasi booster sebelum atau saat melakukan perjalan mudik tidak berbahaya.

Namun, ketika kita melakukan perjalanan mudik, aktivitas fisik dapat menyita banyak energi kita sehingga kita lebih mudah lelah.

Selain itu, faktor efek samping dari vaksinasi booster juga dapat membuat perjalanan masyarakat saat mudik akan terganggu.

Seperti yang teman-teman ketahui, setiap momen mudik lebaran, lalu lintas utama yang kita lewati akan padat dan macet.

Meskipun kita hanya menjadi penumpang, macet juga dapat melelahkan tubuh kita.

Sebab, saat kita berada di dalam perjalanan, kita tidak banyak melakukan aktivitas fisik, sehingga tubuh akan pegal, lelah, dan tidak bugar.

Memang, antibodi yang terbentuk setelah melakukan vaksinasi booster memerlukan waktu untuk dapat memproteksi tubuh secara maksimal.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved