Survei Litbang Kompas, Anak Muda Kalimantan Dambakan Figur Kepala Daerah Seperti Ini di 2024

kesulitan finansial, dan mendapatkan pekerjaan menjadi dua kesulitan hidup yang paling banyak disuarakan generasi muda di seluruh wilayah Indonesia.

Penulis: Haryanto | Editor: ruddy
TribunPontianak.co.id/screenshot surveilitbangkompas
Sebaran suara anak muda yang disurvei Litbang Kompas untuk figur Capres 2024 dan pemimpin di daerah termasuk Kalimantan yang dipaparkan Jumat 8 April 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Anak muda di Pulau Kalimantan ternyata sudah punya pilihan terkait dengan pemimpin di daerahnya tahun 2024 nanti.

Setidaknya, sosok merakyat dan tegas menjadi dua kriteria pemimpin daerah ideal bagi generasi pemuda di Kalimantan.

Hal itu berdasarkan hasil survei Research & Analytics Marketing Kompas Gramedia (KG) Media bekerja sama dengan Litbang Kompas.

“Merakyat bagi generasi muda itu seperti dekat dengan rakyat, mau berbaur dengan rakyat, terjun langsung ke masyarakat,” jelas Manajer Riset & Analitik KG Media, Bagas Adi P dalam pemaparan Hasil Riset Aspirasi Generasi Muda melalui daring, pada Jumat 8 April 2022.

Lebih spesifik, Bagas memaparkan, ada lima jawaban tertinggi kriteria figur pemimpin daerah ideal bagi generasi muda di Kalimantan.

Kelimanya, masing-masing nerakyat (25 persen), tegas (23%), jujur (20%), adil (17%) dan terakhir bertanggung jawab (10%).

Adapun beberapa kriteria pemimpin daerah ideal lainnya, yakni peduli, amanah, bijaksana, baik, kompeten, dan mengayomi.

Selain figur pemimpin daerah, Bagas juga memaparkan terkait kriteria figur presiden ideal.

Secara umum untuk semua wilayah di Indonesia, hasilnya generasi pemuda menginginkan sosok figur tegas menjadi kriteria tertinggi dengan 24,7 persen.

Kriteria lainnya, yakni memahami kondisi negara (22,3%), merakyat (19,1%), aksi nyata (11,1%), adil (10,6%), jujur dan bijaksana (masing-masing 7,2%) dan bertanggung jawab (6,8%).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved