Politisi PDIP dan Gerindra Bela Cak Imin Soal Pertemuan Dengan Anggota KPU-Bawaslu Terpilih

Hal itu diketahui melalui unggahan foto instagram Muhaimin Iskandar @Cakiminnow, beberapa waktu lalu.

Kompas.com
Cak Imin 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani ikut angkat suara soal pertemuan Cak Imin dengan anggota KPU-Bawaslu RI terpilih.

Politisi PDI Perjuangan itu pun membela koleganya di parlemen.

Seperti diketahui, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menggelar pertemuan dengan tujuh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk masa jabatan 2022-2027 terpilih.

Hal itu diketahui melalui unggahan foto instagram Muhaimin Iskandar @Cakiminnow, beberapa waktu lalu.

Puan Maharani mengatakan bahwa pertemuan itu merupakan bentuk silahturahmi dan berdiskusi terkait pelaksanaan serta tugas-tugas anggota KPU-Bawaslu yang baru.

Pertemuan itu juga dilakukan oleh pimpinan DPR RI lainnya.

Usul Pemilu Ditunda, Pengamat Sentil Cak Imin! Sebut Soal Elektabilitas dan Hubungan Dengan PBNU

"Saya, kami pimpinan hanya melaksanakan silaturahmi terkait hal-hal yang menjadi visi ke depan, bagaimana pelaksanaan tugas-tugas yang akan diemban oleh calon anggota Bawaslu-KPU karena kan sekarang belum dilantik, itu bisa berjalan sebagaimana tupoksinya," kata Puan saat ditemui di komplek Palemen Senayan, Jakarta, Selasa 15 Maret 2022.

Puan menambahkan, dalam pertemuan itu juga dibahas bagaimana tahapan proses Pemilu bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

"Pemilu itu berjalan jujur adil dan aman, kemudian pesta demokrasi itu berjalan dengan nyaman, kemudian memperhatikan keselamatan dari seluruh petugas yang akan berperan dalam proses tahapan-tahapan Pemilu sampai yang akan dilaksanakan Insya Allah pada 14 Februari 2024," papar Puan.

Pasalnya, kata Puan, situasi pandemi ini tentu saja akan berbeda situasinya dibandingkan Pemilu sebelumnya.

"Pemilu 2019 itu harus jadi pembelajaran pengalaman dan evaluasi sehingga hal-hal yang masih kemudian masih menjadi kendala tidak terulang lagi," jelas Puan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan pertemuan silaturahmi itu juga dilakukan kepada seluruh pimpinan DPR RI lainnya.

Politisi Demokrat asal Kalbar Minta Presiden Jokowi Buktikan Komitmen Pada Konstitusi dan Demokrasi

Bahkan, sebelum bertemu Cak Imin, anggota KPU-Bawaslu terpilih itu telah menemui Dasco.

"Silaturahmi itu tidak dilakukan kepada Cak Imin saja, kepada Mbak Puan, kepada wakil-wakil pimpinan DPR yang lain termasuk saya, ke tempat saya dulu sebelum ke Cak Imin justru," ungkap Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 14 Maret 2022.

Dasco pun meminta agar pertemuan Cak Imin dengan anggota KPU-Bawaslu terpilih tidak dijadikan polemik.

"Justru ini bisa kemudian dijadikan tradisi bahwa yang baru, walaupun belum dilantik. Itu melakukan silaturahmi saja untuk perkenalan dan sama-sama datangnya, enggak sendiri-sendiri," ucap Ketua Harian DPP Gerindra itu.

Sebelumnya, pertemuan Muhaimin dengan tujuh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk masa jabatan 2022-2027 terpilih mendapat kritikan dari banyak pihak.

Pasalnya, Muhaimin merupakan salah satu tokoh yang menggelontorkan isu penundaan Pemilu 2024. (*)

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Penjelasan Puan soal Pertemuan Cak Imin dengan Komisioner KPU dan Bawaslu Terpilih

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved