Breaking News:

Negatif Omicron dan Masih Didominasi Varian Delta, Hasil Kiriman Sampel Laboratorium Untan

Dari 90 sampel tersebut yang sudah ada hasil 80 sampel dan tidak terdeteksi Omicron. Dimana sampel yang diambil dari PLBN Entikong dan Aruk

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Konsultan Biologi Molekuler Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 RS UNTAN dan Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 Labkesda Kalbar di Pontianak, dr Andriani. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Mulai dari tahun 2020 Laboratorium Untan, Kalimantan Barat telah mengirim 600 sampel.

Dimana sekitar 300 sampel sampel yang sudah di-submit di GISAID (lembaga bank data yang menjadi acuan untuk data genom virus SARS-CoV-2)

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Laboratorium Jejaring Surveilance Genom SARS CoV2 Nasional RS UNTAN yakni dr Andriani, Senin Januari 2022.

“Tapi tidak semua sampel yang kita kerjakan dilakulan whole genome sequencing (WGS) karena di Litbangkes akan dilakukan quality control apakah sampel tersebut dapat dilakukan untuk WGS atau tidak,” ujarnya.

Sejumlah Sekolah di Kota Pontianak Sudah Menggelar Belajar Tatap Muka 100 Persen Secara Terbatas

Sedangkan untuk pemantauan varian omicron di Kalbar, Laboratorium sudah mengirim sampai minggu ini sebanyak 90 spesimen.

“Terlebih dahulu terhadap 90 sampel ini kita lakukan sampel PCR untuk deteksi apakah ada kemungkinan omicron dengan metode SGTF dengan menambah satu gen target yakni gen spike,” ujarnya.

Sejauh ini dikatakannya dari 90 sampel yang sudah dikirim ke Litbangkes untuk deteksi Omicoron belum ditemukan varian omicron dan masih di dominasi varian delta.

“Dari 90 sampel tersebut yang sudah ada hasil 80 sampel dan tidak terdeteksi Omicron. Dimana sampel yang diambil dari PLBN Entikong dan Aruk,” ujarnya.

Dimana untuk Deteksi omicron sendiri hanya diperuntukkan pada pelaku perjalanan luar negeri. Adapun sampel yang dikirimkan untuk deteksi Omicron sudah dimulai Desember 2021 seiring penunjukan Lab Untan sebagai Lab Rujukan SGTF. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved