Breaking News:

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama Hadir di Kalbar, Berlokasi di Gaia Bumi Raya City

kehadiran SPKLU ini merupakan wujud komitmen PLN dalam mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB)

Editor: Nina Soraya
Dok/PLN Kalbar
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Executive Vice President Perencanaan dan Pengendalian PLN Regional Sumatera dan Kalimantan Supriyadi melihat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan parkir Mal Gaia Bumi Raya City pada Jumat 31 Desember 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Menutup akhir tahun 2021, pengguna kendaraan listrik di Kota Pontianak dan sekitarnya akan dimudahkan dengan hadirnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan parkir Mal Gaia Bumi Raya City.

Kehadiran SPKLU ini untuk memudahkan para pengguna kendaraan listrik dalam melakukan pengisian baterai untuk kendaraan listrik yang digunakan.

SPKLU pertama yang hadir di Kalimantan Barat ini diresmikan oleh Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, didampingi oleh EVP Perencanaan dan Pengendalian PLN Regional Sumatera dan Kalimantan, Supriyadi, Direktur Operasional Mall Gaia Bumi Raya City, Stephen Swandono, General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, serta Kabid Ketenagalistrikan dan Pengelolaan Energi Dinas Perindag dan ESDM Kalbar, Rudy Hadianto.

Acara peresmian dilaksanakan di d'colony lobby Mall Gaia, Kabupaten Kubu Raya, pada Jumat 31 Desember 2021. 

Menurut Executive Vice President Perencanaan dan Pengendalian PLN Regional Sumatera dan Kalimantan, Supriyadi, kehadiran SPKLU ini merupakan wujud komitmen PLN dalam mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang telah dicanangkan oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu.

"Kehadiran SPKLU ini bertujuan untuk dapat melakukan diseminasi program-program Pemerintah Pusat dan Daerah maupun para pemangku kepentingan terkait dalam mendukung pelaksanaan Perpres nomor 55 tahun 2019, tentang percepatan program KBLBB untuk transportasi jalan," ungkap Supriyadi.

Menurutnya, hingga saat ini PLN telah mengoperasikan lebih dari 20 unit SPKLU yang tersebar diberbagai lokasi strategis diseluruh Indonesia.

Wahana Rumah Hantu Misteri Kuntilanak Kapuas Hadir di Gaia Bumi Raya City

"SPKLU yang akan segera kita resmikan penggunaannya ini merupakan yang pertama di Kalbar, dan pada tahun 2022 mendatang kami merencanakan akan menambah satu SPKLU lagi yang akan kami tempatkan di halaman kantor PLN UP3 Singkawang," jelas Supriyadi.

Ia juga menyebutkan bahwa dalam rangka pengembangan SPKLU, PLN telah meluncurkan platform digital 'charge IN' yang terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile sebagai operating system yang diharapkan menjadi platform tunggal untuk seluruh SPKLU di Indonesia.

"Untuk seluruh transaksi pengisian baterai di SPKLU, pengguna kendaraan listrik tidak perlu repot menyiapkan uang tunai, semua transaksi dapat dilakukan lewat aplikasi charge IN, yang penting saldo LinkAja yang dimiliki masih ada," imbuh Supriyadi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved