Citizen Reporter

Uskup Agung Pontianak akan Bangun Patung Bunda Maria Gaya Tionghoa di Paroki Pemangkat Sambas

"Karena paroki Pemangkat adalah mayoritas umat yang keturunan Tionghoa dan dalam masyarakat Tionghua sendiri memiliki kebudayaan serta khas mereka.

Komsos Keuskupan Agung Pontianak
Gambar patung Bunda Maria gaya Tionghoa di Paroki Pemangkat Sambas. 

Citizen Reporter

Samuel - Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus akan membangun patung Bunda Maria gaya Tionghoa di Paroki Pemangkat.

Hal itu sudah dua kalinya Uskup Agustinus sampaikan kepada umat Paroki Santo Yosep Pemangkat.

Informasi pertama disampaikan pada 2 November 2021 saat kunjungan misa arwah di Paroki Pemangkat.

Kemudian untuk kedua kalinya pada 12 Desember 2021 saat kunjungan Uskup Agustinus ke satu-satunya gereja Stasi yang bernuansa Tiongkok yakni di Stasi Jawai Paroki Pemangkat.

Terharu, Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Tersentuh Ketulusan Gadis Kecil Asal Sambas

Gereja Menghargai Kebudayaan

Menurut Uskup Agustinus pembangunan Patung Bunda Maria di kompleks pastoran paroki adalah tanda bahwa gereja Katolik juga memperhatikan umat paroki Pemangkat yang mayoritasnya adalah orang keturunan Tiongkok.

Dengan dibuatnya simbol patung Bunda Maria gaya Tionghua Uskup Agustinus menegaskan bahwa gereja juga memperhatikan orang Tionghoa yang selama ini dianggap "pendatang" dan termasuk suku yang minoritas. 

Sejalan dengan itulah alasan Gereja Stasi Jawai alias "Kasi' dalam bahasa Hakka yang notabene umatnya keturunan Tiongkok mendirikan gereja dengan nuansa kental Tiongkok merupakan tanda gereja Katolik menerima kebudayaan setempat.

"Karena paroki Pemangkat adalah mayoritas umat yang keturunan Tionghua dan dalam masyarakat Tionghoa sendiri memiliki kebudayaan serta khas mereka, kenapa tidak kita angkat," kata Uskup Agustinus.

Our Lady of China oleh Lu Hung Nien (1924)

Adapun rencana patung Bunda Maria yang akan di bangun oleh Uskup Agustinus adalah Our Lady of China yang dilukis oleh Lu Hung Nien (1924).

Latar historis dari Penampakan Bunda Maria di China yakni bermula pada tahun 1900, Dong Lu merupakan sebuah desa kecil miskin di bagian utara China.

Di daerah tersebut berdiam sekitar seribu umat kristiani.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved