Breaking News:

Kampus Peradaban Anti Korupsi

Berdasarkan sejarah panjang pemberantassan korupsi di Indonesia, tercatat bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak akan pernah berhasil optimal jika ha

Penulis: Ramadhan | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Dokumentasi Pribadi
Saidina Ali, Alumni Sekolah Anti Korupsi (Sakti Pontianak). 

Opini Ditulis oleh Saidina Ali

Alumni Sekolah Anti Korupsi (Sakti Pontianak).

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Kemiskinan, kesenjangan sosial, anak-anak putus sekolah, terhambatnya investasi, sempitnya lapangan pekerjaan, pertumbuhan ekonomi tidak kunjung membaik karenanya menghambat kesejahteraan masyarakat, hingga bencana ekologis dimana-mana merupakan sekelumit dampak hilir yang tampak dari kejahatan korupsi.

Korupsi disebut juga sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang oleh karenanya memerlukan upaya luar biasa pula untuk pemberantasannya.

Ikhtiar pemberantasan korupsi yang bagaikan dua sisi mata uang, yaitu penindakan dan pencegahan tidak henti-hentinya dilakukan sejak lembaga pemberantasan korupsi dibentuk.

Kejahatan korupsi yang kian sistematis merusak sendi-sendi kehidupan bangsa, dari pemerintahan yang paling tinggi hingga di pelosok desa, dengan pelaku pejabat maupun masyarakat biasa inilah yang membuat Bung Hatta sempat berang hingga berujar bahwa korupsi sudah menjadi budaya Indonesia.

Enam Atlet Binaan Polres Mempawah Sukses Sabet Medali Kejurda Sambo

Sebuah ungkapan yang sulit untuk diterima, namun faktanya belum mampu terbantah oleh anak-anak bangsa hingga kini, lantaran 76 tahun Indonesia merdeka, korupsi masih menjadi momok dan tak kunjung ada habisnya.

Berdasarkan sejarah panjang pemberantassan korupsi di Indonesia, tercatat bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak akan pernah berhasil optimal jika hanya dilakukan oleh pemerintah saja tanpa melibatkan partisipasi mayarakat di dalamnya.

Oleh karenanya, sangat lumrah dan patut jika mahasiswa sebagai salah satu bagian dari masyarakat berpendidikan tinggi dan pewaris masa depan bangsa diharapkan dapat terlibat aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Mahasiswa merupakan basis kekuatan intelektualitas masyarakat sebagai motor perubahan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved