Breaking News:

Delapan Fraksi DPRD Sanggau Setujui Raperda APBD 2022

Rapat Paripurna pimpin langsung Ketua DPRD Sanggau, Jumadi didampingi Wakil Ketua I DPRD Timotius Yance dan Wakil Ketua II DPRD Acam. Penyampaian pend

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Humas DPRD Sanggau
Bupati Sanggau Paolus Hadi saat foto bersama pimpinan DPRD Sanggau dalam rapat paripurna di Aula Kantor DPRD Sanggau, Rabu 24 November 2021 lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Delapan Fraksi DPRD Kabupaten Sanggau menyatakan menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam Rapat Paripurna Ke-14 Masa Persidangan Ke-1 Tahun Sidang 2021-2022 dalam rangka Penyampaian Pendapat Akhir (PA) Fraksi-Fraksi dan Pengambilan Keputusan DPRD terhadap Raperda Kabupaten Sanggau tentang APBD Tahun Anggaran 2022 di Aula Kantor DPRD Sanggau, Kemarin.

Rapat Paripurna pimpin langsung Ketua DPRD Sanggau, Jumadi didampingi Wakil Ketua I DPRD Timotius Yance dan Wakil Ketua II DPRD Acam. Penyampaian pendapat akhir terhadap Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2022 oleh Fraksi-Fraksi diantaranya Fraksi PDI Perjuangan disampaikan, Julius, Fraksi Golkar disampaikan oleh Miliati.

Kemudian, Fraksi Hanura disampaikan oleh Yulianto, Fraksi Demokrat disampaikan oleh Paulus, Fraksi Nasdem disampaikan oleh Bambang Joko Winayu, Fraksi PKB disampaikan oleh Alfonsus Liguori, Fraksi Gerakan Solidaritas disampaikan oleh Robby Sugianto, Fraksi Amanat Persatuan disampaikan oleh Joni. Selanjutnya kedelapan Fraksi tersebut menerima dan menyetujui terhadap Raperda Kabupaten Sanggau tentang APBD Tahun Anggaran 2022 untuk ditetapkan menjadi Perda.

Ketua DPRD Sanggau, Jumadi menyampaikan bahwa sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa Perda adalah penjabaran lebih lanjut dari ketentuan peraturan Perundang-Undangan yang lebih tinggi dan APBD merupakan dasar pengelolaan keuangan daerah dalam masa satu tahun anggaran sesuai dengan Undang-Undang mengenai Keuangan Negara.

Rapat Evaluasi Pendataan DTKS dan Sidompu, Ini Pesan Wabup Sanggau

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sanggau itu juga menyampaikan dengan telah ditandatanganinya, Keputusan DPRD tentang persetujuan Raperda APBD Tahun 2022 menjadi Perda, dan penyerahan secara simbolis Raperda Kabupaten Sanggau tersebut.

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Legislatif yang telah mempelajari, mencermati, mengoreksi dan mengkritisi serta memberikan saran dan masukan demi perbaikan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2022.

"Dan begitu juga kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah diucapkan terimakasih, Karena sudah bekerja keras untuk menyelesaikan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2022 yang mulai dari proses penyusunan dan pembahasan Rancangan KUA dan PPAS,"katanya melalui rilisnya, Selasa 30 November 2021.

Selanjutnya ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian seluruh perangkat daerah berkenaan dengan pelaksanaan APBD hingga akhir tahun anggaran 2021 yaitu, Pertama, dalam rangka menghindari penumpukan pengajuan pembayaran diakhir tahun anggaran, maka diminta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk segera menyelesaikan pekerjaan atas pelaksanaan program/kegiatan masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

"Kedua, Segera melakukan proses pencairan anggaran atas kegiatan yang telah selesai dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sebelum batas waktu yang telah ditentukan. dan Ketiga, dalam rangka mewujudkan salah satu dari Seven Brand Image Kabupaten Sanggau yaitu Sanggau Tertib diminta kepada seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau agar menjaga integritas dan etika dalam penyelenggaraan pelayanan publik, pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan aset daerah dan pengadaan barang dan jasa,"tegasnya.

Dengan telah ditandatanganinya persetujuan bersama antara Kepala Daerah dan DPRD tentang Raperda APBD Tahun Anggaran 2022, Maka lebih lanjut Raperda tersebut akan segera disampaikan ke Provinsi untuk dievaluasi dan mendapat persetujuan Gubernur Kalbar sebelum ditetapkan menjadi Perda.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau itu juga mengajak baik Pemerintah maupun DPRD serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan mengkritisi pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 ini, Agar dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Rancangan APBD Kabupaten Sanggau Tahun Anggaran 2022 berjumlah Rp 1.618.398.821.047,00 terdiri atas Pendapatan Daerah, Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah. Selanjutnya Rapat paripurna berjalan baik dan diakhiri dengan penandatanganan persetujuan Raperda oleh pimpinan DPRD dan Bupati Sanggau.

Hadir juga pada rapat paripurna tersebut, Anggota DPRD Sanggau, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka, Sekretaris DPRD Ignatius Irianto, Kepala Bappeda, Yulia Theresia, Kepala BPKAD Silvester Dayana Simbolon, Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kubin,
kemudian anggota DPRD maupun para Kepala Perangkat Daerah yang mengikuti rapat paripurna secara virtual (zoom meeting). (*)

(Simak berita terbaru dari Sanggau)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved