Breaking News:

UMR di Pontianak Sudah Ditetapkan, Berikut Besarannya

UMR kita di Kota Pontianak Rp2,750.000 upah minimum regional kota Pontianak. Sudah diterapkan kepada tenaga kontrak kita

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa besaran gaji upah Minimum Regional (UMR) UMK Kota Pontianak sudah ditetapkan dan telah diterapkan.

Ia menyebutkan, bahwa besaran UMR di Kota Pontianak Rp2,750.000.

UMR tersebut, kata dia, sudah diterapkan kepada tenaga kerja kontrak di lingkup Pemerintah Kota Pontianak. Sedangkan untuk swasta, kata dia, tergantung penghitungan dari penghasilan masing-masing perusahaannya.

"UMR kita di Kota Pontianak Rp2,750.000 upah minimum regional kota Pontianak. Sudah diterapkan kepada tenaga kontrak kita. Jadi tidak ada masalah, karena sudah diterapkan, " katanya.

Pemkot dan TP PKK Pontianak Kirim Enam Unit Truk Bermuatan Bantuan Menuju ke Sintang

Kemudian, jika untuk swasta, lanjut dia, memang diakuinya tidak bisa mengintervensi secara 100 persen, lantaran ada perhitungannya.

"Kalau swasta diterapkan ya Alhamdulillah. Tapi kalau tidak, kan mereka ada hitungan- hitungannya juga, ada kesepakatannya. Misalnya warung kopi kan perlu modal dan sebagainya sehingga gaji akan naik secara bertahap, " katanya.

Namun, dirinya berharap tenaga kerja di Kota Pontianak bisa meningkat, karena hal tersebut kata dia, juga bisa meningkatkan pendapatan. Jika pendapatan sudah meningkat, maka juga akan berpengaruh terhadap upah atau gaji tenaga kerja.

Edi pun optimis dengan tingkat IPM yang ada di kota Pontianak ini yang terus meningkat, maka diyakininya kedepan juga akan bisa meningkatkan pendapatan.

"IPM kita meningkat yang dibuktikan dengan IPM yang mulanya 79,4 sekarang 79,93. Harapan kita tertinggi secara regional. Target IPM kita 8, salah satunya adalah dengan daya beli atau pendapatan, pendidikan dan kesehatan, " jelasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved