Breaking News:

Founder Galeri Batik Singkawang Akui dengan Listrik Pembatik Makin Produktif

Dengan listrik sudah lebih mudah. Apalagi di sini listrik sangat stabil, jadi sudah sangat membantu proses produksi kami

Penulis: Nina Soraya | Editor: Nina Soraya
Tribun Pontianak/Nina Soraya
Founder Workshop Galeri Kote Singkawang Priska Yeniriatno bersama Manager PLN UP3 Singkawang Achmad Meidiansyah (kanan) menunjukkan motif batik Tiga Penjuru Singkawang pada Kamis 18 November 2021. Priska memanfaatkan listrik dalam proses membatik. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Listrik menjadi kebutuhan vital dalam mendukung aktivitas masyarakat termasuk para pekerja ekonomi kreatif (Ekraf).

Hal ini dibuktikan oleh Priska Yeniriatno, Founder Workshop Galeri Kote Singkawang yang memproduksi batik khas Singkawang.

Priska menuturkan dalam memproses membatik dia lebih memilih menggunakan tungku listrik untuk membantu proses mencanting motif di atas kain batik.

Oleh karena biasanya dengan kompor biasa, para pembatik mesti meniup cucuk canting sebelum mengoreskan motif di atas kain.

Jika tidak dilakukan maka hasil cantingan akan melebar dan menjadi tidak halus lagi.

"Dahulu kita masih pakai kompor minyak tanah. Sebenarnya ini sangat merepotkan dalam hal mengatur panas dari canting yang akan digoreskan menjadi pola di atas kain."

Priska saat mencanting motif untuk membuat kain batik. Pemilik Galeri Kote Singkawang ini memakai tungku listrik untuk memudahkan proses membatik.
Priska saat mencanting motif untuk membuat kain batik. Pemilik Galeri Kote Singkawang ini memakai tungku listrik untuk memudahkan proses membatik. (Tribun Pontianak/Nina Soraya)

"Bahkan ketika api tungku dikecilkan pun belum tentu panasnya sudah stabil. Makanya biasa kita lihat para pembatik meniup-niup canting," ungkap Priska.

Sekarang dengan adanya listrik jadi lebih mudah. Hanya tinggal mengatur panas di tungku listrik dari kabel terminal yang memiliki tombol switch on off.

"Kalau pakai kompor minyak tanah, bahan dasarnya saja sudah sulit."

"Dengan listrik sudah lebih mudah. Apalagi di sini listrik sangat stabil, jadi sudah sangat membantu proses produksi kami," katanya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved