Breaking News:

Jalan Pelang - Inhutani Ketapang Direncanakan Akan Dibangun Jalan Layang

Pilihan pembangunan jalan layang, kata Kamboja, bukan dalam hal mengatasi kemacetan lalu lintas, namun lebih ke arah mengatasi kondisi tanah.

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Bupati Ketapang Martin Rantan bersama Wakil Bupati Ketapang Farhan saat diwawancarai awak media. Foto istimewa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Pemerintah Kabupaten Ketapang bersama Tim Pertimbangan dan Percepatan Pembangunan Daerah (TP3D) mewacanakan pembangunan jalan layang (flyover) di Pelang- Inhutani sepanjang 14 kilometer.

Rancangan tersebut dipaparkan Ketua Tim TP3D Gusti Kamboja di hadapan pejabat utama Pemerintah Kabupaten Ketapang, di kantor Bupati Ketapang, Selasa 9 November 2021.

Gusti Kamboja memaparkan, skema pembiayaan kontruksi bangunan jalan layang dengan pondasi tiang pancang tersebut dapat dilakukan dari berbagai sumber.

"Sumber pembiayaan mulai dari ABPD kabupaten, APBD provinsi, APBN, hibah perusahaan swasta hingga dana pinjaman daerah," ujarnya saat pemaparan.

Sembilan Pejabat Struktural di Lingkungan Pemkab Ketapang Dilantik

Pilihan pembangunan jalan layang, kata Kamboja, bukan dalam hal mengatasi kemacetan lalu lintas, namun lebih ke arah mengatasi kondisi tanah.

Jika dibandingkan dengan jalan biasa, Pemda Ketapang yakin, jalan layang dengan pondasi tiang pancang dapat bertahan dalam jangka waktu lama di atas lahan gambut.

"Estimasi biayanya Rp 213,8 miliar, lama pekerjaan bisa memakan waktu hingga empat tahun," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Ketapang Martin Rantan mengatakan, dengan keterbatasan keuangan daerah, pembangunan ini tidak bisa dikerjakan dalam tahun tunggal namun secara bertahap.

"Dalam tahap perencanaan ini, kita juga minta bantu dari konsultan jalan-jalan nasional," jelasnya.

Martin juga menekankan, wacana ini dapat segara dibuatkan peraturan Bupati atau peraturan daerah sehingga dapat dilanjutkan pada era kepemimpinan Bupati selanjutnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Ketapang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved