Breaking News:

Peroleh Pangkat Prajurit Dua Usai Pendidikan, Ini Cerita Anggota Komcad Asal Mempawah

Komcad atau Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemamp

Penulis: Ramadhan | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto bersama anggota Komcad Rindam XII Tanjungpura, di Pusdiklatpassus, persiapan gladi penutupan Pembulatan latihan Komcad Tahun Anggaran 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan 3.103 orang sebagai Komponen Cadangan atau Komcad Tahun Anggaran 2021.

Upacara penetapan digelar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, pada Kamis 7 Oktober 2021.

Dimana upacara tersebut juga dihadiri langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Dikutip dari laman PPID.Kemhan.go.id, merujuk UU NO 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

Komcad atau Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama (TNI).

Komcad terbagi empat bagian, yaitu: Komcad sumber daya manusia, Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan, dan Komcad sarana dan prasarana.

Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat di bawah ancaman perang atau bencana alam.

Mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI.

Polres Mempawah Bersama Polsek Jajaran & Tim Satgas Covid-19 Sukses Lakukan Vaksinasi 1399 Orang

Dari 3.103 orang yang ditetapka sebagai Komcad Tahun Anggaran 2021, tentunya ada juga Komcad yang berasal dari Kalbar dan terutama dari Kabupaten Mempawah, salah satunya yakni Prajurit Dua (Prada) Muhammad Sandi.

Muhammad Sandi merupakan warga Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, yang juga mengikuti pendidikan dan pelatihan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved