Breaking News:

Pola Hidup Sehat

KETAHUI 6 Tanda Peringatan Obat Bebas Terbatas Tanpa Resep Dokter 'Awas Obat Keras'

Walau demikian, konsumsi obat bebas dapat menjadi berbahaya jika disalahgunakan atau dikonsumsi tidak sesuai petunjuk pemakaian.

Penulis: Mirna Tribun | Editor: Mirna Tribun
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ YOUTUBE
Obat Bebas Terbatas. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Obat bebas adalah obat yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

Obat ini umumnya dipakai untuk meringankan gejala tertentu.

Walau demikian, konsumsi obat bebas dapat menjadi berbahaya jika disalahgunakan atau dikonsumsi tidak sesuai petunjuk pemakaian.

Obat tanpa resep dokter terdiri atas obat bebas dan obat bebas terbatas, keduanya merupakan jenis kategori obat-obatan yang dijual bebas dan dapat diperoleh langsung tanpa resep dokter.

Obat bebas memiliki tanda khusus pada kemasannya, yakni lingkaran berwarna hijau dan bergaris tepi hitam, obat ini dijual bebas di semua outlet termasuk warung hingga swalayan.

LANSOPRAZOLE 30 Mg Obat Untuk Apa? Ketahui Efek Samping dan Aturan Dosis Pakainya

Adapun obat bebas terbatas memiliki simbol lingkaran berwarna biru dengan garis tepi hitam, dan disertai cantuman peringatan pada kemasannya, obat ini biasanya dijual di apotek dan toko obat yang memiliki izin.

Tidak sembarangan, semua produk obat dengan atau tanpa resep dokter yang beredar di pasaran seharusnya sudah resmi teregistrasi di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dengan izin edar.

Obat yang layak pakai sudah melalui tahapan evaluasi dan uji klinis oleh BPOM.

Selain lingkaran warna biru tepi hitam, Anda juga akan menemukan tanda peringatan berbentuk persegi panjang berukuran 5x2 cm berwarna hitam.

Seperti namanya, tanda peringatan ini memuat peringatan yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi obat bebas terbatas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved