Breaking News:

Kadinsos Tegaskan Sudah Ada Perda yang Melarang Meminta-minta di Jalanan

Kendati demikian, untuk penegakan jikapun masih ditemukan ada warga yang melanggar aturan tersebut. Maka kata dia akan dibubarkan oleh Satpol PP.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak Darmanelly. Oki 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak, dr. Darmanelly menegaskan, bahwa tidak diperkenankan bagi masyarakat maupun komunitas untuk melakukan aksi meminta-minta atau menggalang dana di persimpangan jalan di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Sebagaimana hal tersebut dikatakakannya sudah tertuang dalam Perda nomor 11 tahun 2019 tentang ketertiban umum pasal 39 yang mengatur bahwa setiap orang atau badan dilarang untuk mendatangkan, menampung, menfasilitasi atau memperkerjakan orang sebagai pengemis atau peminta minta belas kasihan di persimpangan jalan atay traffic light.

"Di Kota Pontianak malahan tidak diperbolehkan, karena sudah ada Perdanya yang mengatur. Maka kita tidak akan izinkan," ungkapnya, Sabtu 9 Oktober 2021.

Dirinya juga mengatakan bahwa perda tersebut juga sedang direvisi.

Representasi Keberagaman dan Harmonisasi, Ini Logo Resmi Hari Jadi Kota Pontianak ke-250 Tahun

Kendati demikian, untuk penegakan jikapun masih ditemukan ada warga yang melanggar aturan tersebut. Maka kata dia akan dibubarkan oleh Satpol PP.

"Jika ditemukan masih ada yang meminta-minta akan dibubarkan oleh Satpol PP," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam perda tersebut sudah tertuang terkait sanksi yang diberikan jika setiap orang atau badan hukum yang melanggar Perda itu, mulai dari sanksi denda berupa uang mulai dari Rp500 ribu hingga Rp 2 juta atau sanksi administrasi penahanan sementara kartu identitas.

Sanksi tersebut juga berlaku bagi pemberi sumbangan atau pun yang meminta-minta sumbangan.

Dalam penegakan sanksi tersebut dikatakakannya jika ditemukan di lapangan, maka akan di tindak atau dibubarkan oleh Satpol PP ataupun Dinas Perhubungan.

"Sedangkan untuk ranah Dinas Sosial lebih kepada pembinaannya. Maka kita mengimbau agar masyarakat mematuhi aturan tersebut, jangan menabur gula agar tidak mendatangkan semut,_ katanya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved