Breaking News:

Dapat Pangkat dan Seragam Berikut Tugas Komcad Gaji, Fasilitas serta Cara Daftarnya

Komcad sendiri merupakan pasukan dari warga sipil dari berbagai latar belakang, mulai mahasiswa, karyawan swasta, BUMN, PNS.

Penulis: Madrosid | Editor: Madrosid
Tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden
Brigjen TNI Yusuf Ragainaga bertindak sebagai komandan upacara pengukuhan Komcad di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), di Batujajar, Bandung, Jawa Barat ,Kamis (7/10/2021). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Indonesia memiliki pasukan untuk menjaga kedaulatan negara disebut Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tahukah bahwa sekarang negara Indonesia juga memiliki Komcad yang memiliki tugas sebagai cadangan dalam fungsi tugas TNI dalam menjaga kedauluatan negara atau jika terjadi krisis kemanan.

Komcad yaitu Komponen Cadangan yang dipersenjatai dan memiliki seragam layaknya TNI. 

Namun bedanya mereka hanya ditugaskan jika dibutuhkan saja dan direkrut dengan pelatihan yang singkat.

Baru-baru ini Presiden Jokowi telah melantik Pasukan Komponen Cadangan sebanyak 3.103 personel yang siap untuk ditugaskan setiap saat jika dipanggil atau dalam kondisi genting.

Komcad sendiri merupakan pasukan dari warga sipil dari berbagai latar belakang, mulai mahasiswa, karyawan swasta, BUMN, PNS.

Setelah dilantik mereka akan kembali ke profesi masing-masing dan akan datang ketika dipanggil negara melalui presiden.

Komcad terbagi 4 (empat) bagian, Komcad sumber daya manusia, Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan dan Komcad sarana dan prasarana.

Komcad juga disebutkan bukan program wajib militer, melainkan bersifat sukarela. Di mana penggunaan komponen cadangan hanya pada saat mobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR.

Apabila dalam keadaan non-aktif, Komcad akan menjadi warga negara seperti biasa dengan profesinya masing-masing, misalnya ASN, mahasiswa, atau lainnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved