Breaking News:

Petani Milenial Berharap Kopi Desa Samustida Bisa Penuhi Kebutuhan Pasar Lokal Kabupaten Sambas

Dijelaskan oleh anggota Petani Muda Berkemajuan itu, seperti yang ada di Desa Samustida, Kecamatan Teluk Keramat kata Fredi, hasil panen kopinya dihar

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto bersama kelompok tani kopi di Desa Samustida, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Satu diantara pegiat petani millennial di Kecamatan Teluk Keramat, Fredi mengatakan potensi pengembangan kopi di Kabupaten Sambas khususnya Kecamatan Teluk Keramat sangat besar.

Menurutnya, Kecamatan Teluk Keramat adalah salah satu daerah sentra produksi kopi olahan yang sudah menjadi bubuk. Namun saat ini para produsen kopi itu justru kekurangan biji kopi yang siap untuk di giling.

"Karena keperluan kopi kita sebagian besar masih di datangkan dari luar. Contohnya saja daerah Sekura, kopinya masih harus impor dari Sumatera," ujarnya, Jumat 8 Oktober 2021, kepada Tribunpontianak.co.id.

Dijelaskan oleh anggota Petani Muda Berkemajuan itu, seperti yang ada di Desa Samustida, Kecamatan Teluk Keramat kata Fredi, hasil panen kopinya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasar lokal.

Berikut Rangkaian Kegiatan 3 Polsek Jajaran Polres Sambas Polda Kalbar

"Sekarang kita ada kebun kopi sendiri di Desa Samustida. Jadi harapan kita, paling tidak petani kopi yang ada di Desa Samustida bisa memenuhi pasar lokal," tuturnya.

"Hal ini karena kegiatan ngopi sekarang sudah menjadi tren masyarakat kita, baik muda, tua, laki-laki maupun perempuan dimana-mana sejak bukanya toko pada subuh hari selalu kita jumpai orang ngopi," ujarnya.

Dari situ kata dia, sudah bisa dilihat berapa kebutuhan masyarakat untuk kopi siap pakai setiap harinya. Baik itu untuk warung-warung kopi, hingga kebutuhan konsumsi di setiap rumah warga.

"Kita bisa melihat berapa banyak kebutuhan kopi setiap harinya, belum lagi kita ngopi di rumah masing-masing. Semoga peluang ini bisa ditangkap oleh petani kita, khususnya petani kopi Desa Samustida yang saat ini sedang giat membangun kebun kopinya," tutupnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Sambas)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved