Breaking News:

Apa Itu BGP Routing? Sistem Penyebab WhatsApp Instagram dan Facebook Error, Rugi Triliunan Rupiah

Apa itu BGP Routing? Sistem yang Jadi Penyebab WhatsApp Instagram dan Facebook Error dan membuat kerugian triliunan rupiah.

Editor: Rizky Zulham
NET/GOOGLE
Ilustrasi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Apa itu BGP Routing? Sistem yang Jadi Penyebab WhatsApp Instagram dan Facebook Error dan membuat kerugian triliunan rupiah.

Gangguan jaringan pada WhatsApp (WA), Instagram (IG), dan Facebook (FB) yang terjadi pada Senin 4 Oktober 2021 malam menjadi perbincangan.

Banyak yang mengeluhkan WhatsApp, Instagram, dan Facebook error sehingga tidak bisa digunakan.

Melansir Wired, Senin 4 Oktober 2021, gangguan yang terjadi dinilai sebagai pemadaman media sosial menyeluruh yang tampaknya sangat sulit untuk diperbaiki.

WA IG dan FB Lumpuh Total - Mengapa WhatsApp, Instagram dan Facebook Error atau Down, Sampai Kapan?

Di Indonesia, lamanya gangguan atau jaringan error ini terjadi sekitar 8 jam.

Kepala Peneliti dari Perusahaan Intelijen Ancaman Siber Bad Packets, Troy Mursch, mengatakan, error yang terjadi pada Facebook tampaknya disebabkan oleh DNS.

Menurut dia, masalah mendasar dari gangguan media sosial ini karena Facebook telah menarik rute Border Gateway Protocol (BGP) yang berisi alamat IP dari server nama DNS-nya.

Akibatnya, BGP (sistem navigasinya) itu memutuskan data rute yang melewati jalan utama informasi. Pihak Facebook belum mengungkapkan mengapa rute-rute BGP itu menghilang sejak awal.

Diketahui, Facebook terjebak dalam hal yang sama dan tidak dapat menjangkau internet untuk memperbaiki masalah perutean BGP yang memungkinkannya menjangkau internet.

Apa itu BGP Router dan bagaimana perannya dalam menyambungkan jaringan internet?

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved