Breaking News:

Seharusnya Level 1, Kadiskes Beberkan Penurunan Kasus di Kota Pontianak

"Untuk bisa menjadi PPKM level 1, kita harus meningkatkan jumlah tracingnya, vaksinasi di tingkat lansia juga harus di atas 40 persen," terangnya

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menyampaikan, bahwa pemerintah pusat melakukan evaluasi terhadap indikator-indikator berkaitan dengan PPKM setiap dua pekan sekali.

Kata Handanu, ada dua indikator penting, yakni indikator penularan dan indikator kapasitas respon.

Akan tetapi, jika dicermati dari indikator penularan pada kasus konfirmasi baru pada pekan ke-39, Kota Pontianak berada pada level 1. Hal tersebut dikarenakan sudah berada di bawah angka 20 per 100 ribu penduduk.

"Rata-rata tingkat hunian rawat inap sudah di bawah angka lima per seratus ribu penduduk. Sedangkan tingkat kematian sudah di angka 0,3 persen. Gambaran itu merupakan indikator penularan yang seharusnya sudah masuk pada level 1," ujarnya usai
rapat koordinasi yang diinisiasi Kapolresta Pontianak tentang perkembangan Covid-19 di Kota Pontianak, di aula Mapolresta Pontianak Kota, Kota Pontianak Kalimantan Barat, Selasa 5 Oktober 2021.

Ketua Hipmi Pontianak, Andi Dhirgam Charnova Ajak Masyarakat Vaksin Covid-19

Sementara, jika dilihat dari kapasitas respon, yakni upaya-upaya yang dilakukan, tingkat positivity rate sudah 1,32 persen, artinya sudah cukup baik karena di bawah angka 5 persen. Sedangkan tracing masuk dalam kategori sedang.

"Idealnya tracing dilakukan harus di atas 14 persen, sementara tracing di Kota Pontianak baru di angka 6,64 persen," sebutnya.

Sidiq menambahkan, untuk tingkat hunian di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) berada di angka 12,14 persen. Dari indikator-indikator itulah Kota Pontianak ditetapkan PPKM level 2. Nantinya penentuan PPKM juga dikaitkan dengan cakupan vaksinasi.

"Untuk bisa menjadi PPKM level 1, kita harus meningkatkan jumlah tracingnya, vaksinasi di tingkat lansia juga harus di atas 40 persen," terangnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved