Breaking News:

Asisten III Setda Ketapang Minta Perangkat Desa Tidak Asal-asalan Terbitkan SKT

Dalam penerbitan SKT, lanjut Tanam, Pemerintah Desa tidak boleh asal-asalan. Tidak hanya sekedar tanda tangan, namun ada prosedur yang harus dipenuhi.

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Nur Imam Satria
Asisten III Setda Kabupaten Ketapang Heronimus Tanam yang juga Selaku Ketua DAD Kabupaten Ketapang Saat Diwawancarai awak Media. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Asisten III Setda Kabupaten Ketapang Heronimus Tanam mengatakan, umumnya cara penerbitan Surat Kepemilikan Tanah (SKT) yang salah, menjadi sumber sengketa lahan. 

Dalam penerbitan SKT, lanjut Tanam, Pemerintah Desa tidak boleh asal-asalan. Tidak hanya sekedar tanda tangan, namun ada prosedur yang harus dipenuhi.

"Desa harus membentuk tim, sekarang itu diwajibkan. Harus ada tim pengukur, tim verifikasi lahan, baru SKT bisa dikeluarkan," kata Tanam yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Ketapang, Rabu 29 September 2021.

APBD Perubahan Kabupaten Ketapang Tahun 2021 Disahkan

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengingatkan Pemerintah Desa untuk serius dan tidak main-main dalam penerbitan SKT.  Jangan ada kepentingan pribadi masuk dalam urusan tersebut. 

"Jangan secara pribadi, misalnya dia orang Kasipem di desa, lalu dia seenaknya buat SKT, itu tidak boleh," pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dusun Nek Doyan Jumain merasa resah lantaran tanda tangannya dipalsukan dalam proses pembebasan lahan untuk PT Laman Mining yang bergerak di bidang tambang bauksit di Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

"Masalah pemalsuan tanda tangan nanti akan kita koordinasikan, yang jelas kita maunya ada penegakan hukum juga," kata Jumain, Rabu 29 September 2021.

Diakuinya, ada puluhan tanda tangan dirinya yang dipalsukan, padahal dirinya sama sekali tidak pernah memberikan tanda tangan.

"Saya tidak pernah merasa tanda tangan, aneh tiba-tiba ada tanda tangan saya," ujarnya. (*)

Update Informasi Seputar Kabupaten Ketapang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved