Breaking News:

Dibanding Daerah Lain, Capaian Perekaman KTP Elektronik di Ketapang Masih Rendah 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kalimantan Barat Yohanes Budiman mengungkapkan capaian cakupan perekaman KTP elektronik di Kabupaten Ke

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Disdukcapil Kabupaten Ketapang Mansen. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kalimantan Barat Yohanes Budiman mengungkapkan capaian cakupan perekaman KTP elektronik di Kabupaten Ketapang berada diangka 85 persen. 

Jika dibanding kabupaten/kota di Kalbar, capaian tersebut masih berada di bawah rata-rata. 

"Ketapang ini harus ada peningkatanlah ya, karena rata-rata di kabupaten/kota lain sudah 90 sekian persen," kata Yohanes Budiman saat berada di Ketapang, Jumat 24 September 2021.

61.792 Warga Ketapang Belum Rekam KTP Elektronik

Yohanes mengatakan, di tahun depan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tidak lagi mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dari pusat. Hal ini menjadi salah satu kendala dalam upaya mengejar target nasional. 

"Tahun tahun sebelumnya dana itu sangat membantu kita dalam pengadaan Sampras dan mendukung dalam pencapaian target, nah untuk tahun anggaran 2022 kita tidak dapat lagi itu," ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten/kota. Untuk itu, ia mendorong jajaran yang ada dibawahnya mampu berinovasi agar capaian target bisa dicapai dengan baik.

Selain itu, Yohanes juga meminta agar Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang dapat memberikan dukungan penuh bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat. 

"Harus ada goodwill dari pimpinan daerah, sehingga ada anggaran yang mereka backup, paling tidak untuk pelayanan yang sifatnya sangat mendasar," pungkasnya. (*)

Update Informasi Seputar Kabupaten Ketapang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved