Breaking News:

Doa Katolik

Struktur Hierarki Gereja Katolik dan Tugasnya

Menurut Ajaran resmi Gereja, struktur Hierarkis termasuk hakikat kehidupan-nya juga. Perutusan ilahi, yang dipercayakan Kristus kepada para rasul itu,

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano | Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
TAHBISAN - Misa pentahbisan diakon dipimpin Mgr Agustinus Agus Uskup Agung Pontianak bersama dengan 51 Imam lainnya, di Gereja St. Yoseph Katedral Pontianak Jalan Pattimura Indah No.195, Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (24/7/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gereja Katolik digunakan untuk membedakannya dengan gereja-gereja lain yang tidak berada dalam persekutuan penuh (komuni penuh) dengan Uskup Roma.

Di antaranya Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental, Anglikan, dan berbagai denominasi Protestan.

Sementara nama "Gereja Katolik Roma" pertama kali digunakan oleh kaum Protestan untuk menyebut seluruh Gereja yang setia kepada Uskup Roma.

Namun nama ini juga digunakan oleh umat Katolik sendiri sejak abad ke-17, baik dalam bahasa Inggris, bahasa Prancis, maupun bahasa Latin, untuk memperkenalkan iman mereka terutama dalam hal persekutuan mereka dengan tahta keuskupan Roma.

Menurut Ajaran resmi Gereja, struktur Hierarkis termasuk hakikat kehidupan-nya juga.

Perutusan ilahi, yang dipercayakan Kristus kepada para rasul itu, akan berlangsung sampai akhir zaman (lih. Mat 28:20).

Sebab Injil, yang harus mereka wartakan, bagi Gereja merupakan azas seluruh kehidupan untuk selamanya.

Maka dari itu dalam himpunan yang tersusun secara hirarkis yaitu para Rasul telah berusha mengangkat para pengganti mereka.

Maka Konsili mengajarkan bahwa "atas penetapan ilahi para uskup menggantikan para rasul sebagai gembala Gereja" Kepada mereka itu para Rasul berpesan, agar mereka menjaga seluruh kawanan, tempat Roh Kudus mengangkat mereka untuk menggembalakan jemaat Allah (lih. Kis 20:28).(LG 20).

Pengganti meraka yakni, para Uskup, dikehendaki-Nya menjadi gembala dalam Gereja-Nya hingga akhir jaman (LG 18).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved