Breaking News:

Cara Mencegah Gangguan Telinga Berdengung Saat Naik Pesawat

Pada umumnya, telinga berdengung karena penyebab di atas berlangsung selama beberapa hari dan bisa memerlukan penanganan dokter apabila rasa tidak nya

Penulis: Maudy Asri Gita Utami | Editor: Maudy Asri Gita Utami
Tribun Bali
Pada umumnya, telinga berdengung karena penyebab di atas berlangsung selama beberapa hari dan bisa memerlukan penanganan dokter apabila rasa tidak nyaman yang dirasakan semakin parah. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Sering sekali kita mengalami dengung saat naik pesawat.

Biasanya kondisi ini terjadi saat pesawat akan lepas landas.

Pesawat merupakan salah satu transportasi jarak jauh yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk bepergian.

Ketika naik pesawat, hampir semua orang pernah merasakan kondisi tidak nyaman seperti telinga berdengung hingga terasa sakit. Apa penyebabnya?

Dilansir dari Mayo Clinic, Rabu 15 September 2021, telinga berdengung saat naik pesawat bisa disebut dengan airplane ear, barotrauma telinga, barotitis media, atau aerotitis media.

Kondisi ini terjadi ketika tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara di lingkungan sekitar tidak sama dan membuat gendang telinga tidak bekerja secara normal.

Mengapa Sepsis Sangat Berbahaya, Apa Itu Sepsis? Ini 5 Gejala Awal

Lebih jelasnya, penyebab telinga berdengung adalah karena tedapat sebuah saluran sempit yang dinamakan saluran eustachius dan berfungsi untuk mengatur tekanan udara.

Saluran eustachius menghubungkan ruang di belakang gendang telinga dengan tenggorokan dan bagian belakang rongga hidung.

Saluran ini biasanya berada dalam keadaan tertutup dan akan terbuka jika tekanan udara di sekitar tidak sesuai dengan tekanan di telinga tengah.

Contohnya adalah ketika pesawat sedang lepas landas atau mendarat, tekanan udara dengan sangat cepat berubah, tetapi saluran eustachius kerap kali tidak dapat bereaksi cukup cepat dan menyebabkan telinga berdengung.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved