Breaking News:

LPP TVRI Kalimantan Barat Siap Bermigrasi Menuju Siaran Digital

Sehingga, saat punya satu kanal nanti TVRI Kalbar dapat siaran selama delapan jam dan selebihnya akan bergabung dengan TVRI Nasional.

Penulis: Imam Maksum | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Kepala Stasiun TVRI Kalbar, Drs. Ali Qausen, M.Si 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tepat di usia ke-23, TVRI Kalbar terus mengembangkan infrastruktur maupun program siaran menyambut era TV Digital pada Tahun 2022 mendatang. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2005 tentang Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia, status TVRI menjadi Lembaga Penyiaran Publik yang mempunyai tugas memberikan pelayanan informasi, mulai dari pendidikan, hiburan yang sehat, dan perekat sosial, serta senantiasa melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat yang tayangannya menjangakau hingga ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala Stasiun TVRI Kalbar, Drs. Ali Qausen, M.Si mengatakan, TVRI sudah diberi mandat untuk menyelenggarakan siaran tv digital di Indonesia, lewat Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 tentang TVRI ditunjuk sebagai multipleksing atau penyelenggara siaran TV digital. “Tahun 2014 TVRI sudah melakukan uji coba siaran tv digital di daerah-daerah yang terdapat pemancar,” katanya Senin, 13 September 2021

Ali Qausen mengungkapkan, sepanjang 2014 sampai 2020 penyelenggaraan siaran tv digital seharusnya masuk dalam undang-undang penyiaran untuk memasukkan terkait tv digital. Revisi UU Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 tersendat-sendat hingga 2019 tidak pernah diketuk revisi undang-undang penyiaran tersebut.

“Makanya, oleh pemerintah dititiplah terkait migrasi dari tv analog ke tv digital dalam UU Cipta Kerja Pasal 60 yang disahkan Oktober 2020,” ujarnya.

Cara Cek TV di Rumah Sudah Digital Apa Belum Lengkap Panduan Cara Dapatkan Siaran TV Digital

Ali pun mengatakan, dalam UU tersebut penyelenggaraan tv digital dilaksanakan dua tahun setelah disahkan. Imbuh Ali, dipastikan semua stasiun televisi menyelenggarakan di kanal digital pada November 2022.

“Konsekuensinya adalah seluruh masyarakat harus mempersiapkan peralatan perangkat digital untuk menonton siaran tv digital. Karena tv digital ini teknologi,” ujarnya.

Ali berujar penyelenggaraan tv digital harus segera dilakukan dan disosialisasikan kepada masyarakat.

“TVRI sudah mensosialisasikan setiap hari melalui running teks, melalui iklan layanan masyarakat bahwa TVRI segera bermigrasi ke tv digital,” tuturnya.

TVRI Kalbar telah menyiapkan infrastruktur, sumber daya. TVRI ke depan imbuh Ali, akan diberi satu kanal oleh TVRI pusat.

“Kalau untuk sekarang kami masih numpang, dikasih empat jam, setiap pukul 14.00 WIB kami masuk, setiap pukul 18.00 WIB keluar,” katanya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved