Breaking News:

Pola Hidup Sehat

DERETAN Manfaat Buah Kepel, Buah kepel Digemari Puteri Keraton - Keraton di Jawa

Dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sebagai peluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita.

Penulis: Mirna Tribun | Editor: Mirna Tribun
bobogrid.id
DERETAN Manfaat Buah Kepel. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.

Buah kepel dianggap matang bila digores kulitnya terlihat bagian bawahnya berwarna kuning atau coklat muda (jika berwarna hijau, buah masih belum matang).

Untuk menjaga kualitas, buah kepel dibungkus 1-2 bulan sebelum dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik.

Buah dikemas dalam keranjang atau karung dan hendaknya diperlakukan dengan hati-hati; buah kepel dapat bertahan disimpan 2-3 minggu pada suhu ruang.

Buahnya yang matang dimakan dalam keadaan segar.

BUAH yang Memiliki Khasiat untuk Melancarkan Kerja Otak dan Peredaran Darah

Disebutkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga dan mengandung sari buah itu memberikan aroma seperti bunga mawar bercampur buah sawo pada ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, dan napas).

Dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sebagai peluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita.

Daun kepel bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat.

Lalap daun kepel mampu menurunkan kadar kolesterol.

Kepel ini dimanfaatkan oleh para wanita bangsawan digunakan sebagai parfum dan alat KB.

Di Jawa, penggunaannya secara tradisional terbatas di Kesultanan Yogyakarta. 

MANFAAT Buah Kelengkeng & Kandungannya, Kelengkeng Terbukti Mampu Menjaga Kekebalan Tubuh

Kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus setelah direndam beberapa bulan dalam air, digunakan untuk bahan bangunan rumah dan tahan lebih dari 50 tahun.

Kepel merupakan tanaman hias pohon yang indah, daunnya yang muncul secara serentak berubah dari merah muda pucat menjadi merah keunguan sebelum berubah lagi menjadi hijau cemerlang.

Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan banyak cabang lateral yang tersusun secara sistematik, dan sifatnya yang kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved