Peringatan Dini

Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Perairan Kepulauan Karimata Kalimantan Barat

Menurut Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, peringatan dini gelombang tinggi berlaku tanggal 14 Agustus 2021 sampai dengan 16 Agustus 2021 pukul 07

Penulis: Nasaruddin | Editor: Nasaruddin
Instagram infobmkg.maritimkalbar
Peringatan dini Stasiun Meteorologi Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di Perairan Kepulauan Karimata.

Menurut Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, peringatan dini gelombang tinggi berlaku tanggal 14 Agustus 2021 sampai dengan 16 Agustus 2021 pukul 07.00 WIB.

"Tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Karimata," tulis akun resmi Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, Sabtu 14 Agustus 2021.

Gempa Bumi di Wilayah Filipina hingga Terasa ke Wilayah Utara Indonesia, Berikut Penjelasan BMKG

Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak mengingatkan warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada.

Selain itu, juga harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran:

- Perahu Nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m)

- Kapal Tongkang (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m)

- Kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m)

Masih dari sumber yang sama dijelaskan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan angin berkisar antara 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Utara Aceh, Selat Malaka bagian utara, Selat Karimata bagian selatan, Perairan selatan banten, Laut Jawa, Laut Banda dan Laut Arafuru.

Sementara itu, Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak menyampaikan, diprakirakan cuaca 3 hari ke depan masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat.

WASPADA Cuaca Ekstrem Landa Wilayah Kalbar, Peringatan Dini BMKG Daerah Sanggau Bengkayang Mempawah

Menurut BMKG Kalbar, hujan lebat di wilayah Kalbar diperkirakan masih masih berlanjut  sampai 20 Agustus 2021.

Kondisi cuaca ekstrim yang diprakirakan berupa hujan lebat ini perlu diwaspadai dampaknya seperti banjir, jalan licin, tanah longsor dan sebagainya.

Untuk itu kami imbau kepada masyarakat dan berbagai sektor seperti sektor perhubungan, perdagangan, pertanian, perkebunan dan lain - lain untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ini.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved