Breaking News:

Ketua DPRD Sambas Ajak Lakukan Regenerasi Petani

Sekarang ini, sudah seharusnya kita lakukan regenerasi petani. Bagaimana generasi muda saat ini, mau turun langsung menjadi petani

Penulis: M Wawan Gunawan | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi dan Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar saat menghadiri panen raya padi yang dilaksanakan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Kecamatan Tangaran, di Desa Simpang Empat. (Istimewa) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab Sambas, H Abu Bakar mengatakan sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten Sambas memberikan perhatian lebih pada pembangunan di sektor pertanian. Hal itu dia sampaikan pada kegiatan panen raya padi yang digelar Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Tangaran, di Desa Simpang Empat.

Dikatakan Ketua DPRD, Kabupaten Sambas mayoritas mata pencarian warganya adalah bertani. Karenanya, pertanian perlu mendapatkan perhatian segera. Dan termasuk peningkatan kompetensi dan kualitas SDM Pertanian Kabupaten Sambas.

"Sekarang ini, sudah seharusnya kita lakukan regenerasi petani. Bagaimana generasi muda saat ini, mau turun langsung menjadi petani," ujarnya, Minggu 1 Agustus 2021.

Sekarang ini, Kata Ketua DPRD, sudah ada istilah petani milenial. Menurut politikus Parta Gerindra, itu merupakan peran dan tanggung jawab bersama, pemerintah dan masyarakat agar nantinya bisa lahir petani-petani milenial.

Figo Komitmen Hadirkan Prestasi Untuk Dunia Bola Voli Kabupaten Sambas

Ungkapnya, regenerasi petani ini sangat penting untuk menjaga kelangsungan pertanian di Kabupaten Sambas. Saat ini Sambas dihadapi pada tantangan banyaknya anak muda yang tidak ingin menjadi petani dengan alasan tidak keren atau bahkan beranggapan jadi petani ada ketinggalan zaman.

"Sudah saatnya, generasi muda, menjadikan pertanian sebagai prospek yang menjanjikan. Karena kita dihadapkan pada generasi yang maunya hanya kerja di kantoran," ungkapnya.

Karenanya, pola pikir seperti itu harus dirubah. Kata dia, saat ini pertanian menjadi sektor yang sangat menjanjikan, maka sudah semestinya juga diiringi dengan regenerasi petani.

"Pola pikir dan pola prilaku seperti itu, harus kita ubah dari sekarang. Bagaimana hadir petani-petani milenial yang berkemajuan dengan pendapatan yang luar biasa," tutup Ketua DPRD. (*)

(Simak berita terbaru dari Sambas)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved