Breaking News:

Pola Hidup Sehat

Efek Tidur Berkualitas Mampu Tingkatkan Gairah dan Sistem Kekebalan Tubuh

Dilansir dari Healthline, para peneliti asal Jerman menemukan, tidur yang nyenyak dapat meningkatkan sel-sel kekebalan yang dikenal sebagai sel T.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami | Editor: Maudy Asri Gita Utami
hellosehat.com
Kimberly Hardin, MD, Director of the Sleep Medicine Fellowship Program di University of California Davis, mengatakan bahwa kualitas tidur yang buruk dapat mengakibatkan konsekuensi kesehatan jangka pendek dan panjang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Tidur berkualitas menjadi satu diantara tips kesehatan tubuh untuk meningkatkan imun tubuh. 

Tak hanya pola makan sehat dan olahraga rutin yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kualitas tidur pun berpengaruh terhadap kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

Sejumlah penelitian melaporkan bahwa tidur malam yang baik memberikan banyak manfaat, salah satunya bagi daya tahan tubuh.

Dilansir dari Healthline, para peneliti asal Jerman menemukan, tidur yang nyenyak dapat meningkatkan sel-sel kekebalan yang dikenal sebagai sel T.

“Sel T adalah jenis sel kekebalan yang melawan patogen intraseluler, misalnya sel yang terinfeksi virus seperti flu, HIV, herpes, dan sel kanker,” ujar Stoyan Dimitrov, PhD, peneliti dari University of Tübingen.

[Update Informasi Lainnya Disini]

ADAB Bangun Tidur Susuai Sunnah Lengkap, Membaca Doa Bangun Tidur dan Artinya hingga Menggosok Gigi

Penelitian tersebut juga mengemukakan mekanisme tidur hingga mampu mendorong sistem kekebalan tubuh.

“Kami menunjukkan bahwa hormon stres adrenalin dan non-adrenalin (epinefrin dan norepinefrin) dan molekul pro-inflamasi prostaglandin menghambat kelengketan kelas molekul adhesi yang disebut integrin,” jelas Dimitrov.

“Kadar adrenalin, non-adrenalin, dan prostaglandin rendah selama tidur sehingga kelengketan integrin lebih kuat. Kelengketan ini penting bagi sel T untuk membunuh sel yang terjangkit virus atau sel kanker. Sel T membutuhan kontak langsung dengan sel yang sakit dan kelengketan integrin mendorong kontak ini,” lanjutnya.

Dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, sel T memainkan peran yang penting. Para peneliti pun telah membandingkan sel T dari sukarelawan sehat yang tidur nyenyak dan sukarelawan yang terjaga sepanjang malam.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved