Breaking News:

BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas di Kalbar, Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

Menurut BMKG, berdasarkan pantauan hotspot (titik panas) 24 jam terakhir menunjukkan jumlah titik panas terbanyak di Kabupaten Sintang, Sanggau dan La

Penulis: Nasaruddin | Editor: Nasaruddin
Instagram Info BMKG Kalbar
Peta sebaran hotspot di Kalimantan Barat 21-22 Juli 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikasi (BMKG) mengungkap peningkatan jumlah titik panas di Kalbar dalam 24 jam terakhir.

Menurut BMKG, berdasarkan pantauan hotspot (titik panas) 24 jam terakhir menunjukkan jumlah titik panas terbanyak di Kabupaten Sintang.

Secara keseluruhan, ada 75 titik panas di wilayah Kalbar, dimana 49 diantaranya berada di Sintang.

Sementara di Sanggau ada 10 titik panas dan masing-masing 4 di Ketapang dan Kubu Raya.

Oksigen di RSUD dr Rubini Mempawah Habis, David: Kita Sudah Koordinasi untuk Penambahan Stok

Menurut data BMKG, diprakirakan potensi kemudahan terjadi kebakaran hutan dan Lahan di wilayah Kalbar pada kategori Mudah hingga Sangat Mudah tanggal 22 sampai 28 Juli 2021.

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Nanang Buchori sebelumnya menyampaikan, rendahnya potensi terjadi hujan di Kalbar diprakirakan setidaknya masih akan berlangsung hingga tanggal 27 Juli 2021.

Rendahnya potensi terjadi hujan ini dipicu oleh dampak tidak langsung adanya Tropical Storm “IN-FA” 998 hPa di Samudra Pasifik yang menarik massa udara di Kalbar menuju ke sistem badai.

Syarat Baru Dapat Subsidi Gaji dari Pemerintah Rp 1 Juta untuk Pekerja

Adanya sistem tekanan rendah yang lainnya lagi di Samudra Pasifik diprakirakan membuat periode panas di Kalbar berlangsung lebih lama lagi.

Seluruh wilayah Kalbar hendaknya mewaspadai potensi adanya jeda hujan ke depan yang bisa memicu mudahnya terjadi kebakaran hutan dan lahan.

BMKG mengingatkan warga untuk mengkonsumsi air putih mineral secara cukup, menggunakan air secara tidak berlebihan, mewaspadai potensi kurangnya air bagi tanaman dan sebagainya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved