Breaking News:

Pilih Aroma Peppermint Saat Berkendara, Bantu Pengemudi Tetap Waspada, Ini Ilmiahnya

Seperti dilansir dari Medical Xpress, para peneliti ini menggunakan pendekatan melalui stimulasi penciuman, fokusnya adalah memberikan paparan aroma p

Editor: Maudy Asri Gita Utami
DAILYMAIL.CO.UK
Qiuyang Tang, Gang Guo, dan Mengjin Zeng, ketiga peneliti tersebut telah melihat bagaimana stimulasi penciuman dengan aroma peppermint dapat memengaruhi kewaspadaan dan kelelahan yang kritis pada pengemudi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Aroma peppermint sangat menyegarkan hidung saat dalam perjalanan dan pengharum ruangan. 

Pengemudi yang mengendarai kendaraan otomatis, menjadi lebih cepat lelah. Mengatasi efek ini, peneliti China menemukan cara untuk membuat pengemudi tetap waspada saat berkendara dengan aroma peppermint.

Seperti dilansir dari Medical Xpress, para peneliti ini menggunakan pendekatan melalui stimulasi penciuman, fokusnya adalah memberikan paparan aroma peppermint kepada pengemudi.

Kelelahan lebih mungkin dialami oleh pengemudi yang mengendarai kendaraan otomatis, dibandingkan mereka yang mengemudikan kendaraan manual.

Studi yang dipublikasikan di International Journal of Vehicle Performance, diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan.

Amalan Apa Saja yang Didapat Saat Puasa Arafah, Senin 19 Juli 2021

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Chongqing di Chongqing, China.

Qiuyang Tang, Gang Guo, dan Mengjin Zeng, ketiga peneliti tersebut telah melihat bagaimana stimulasi penciuman dengan aroma peppermint dapat memengaruhi kewaspadaan dan kelelahan yang kritis pada pengemudi.

Mereka melihat variabel subjektif dan objektif pada 34 sukarelawan, beberapa di antaranya diuji dengan paparan peppermint dan yang lainnya hanya dengan udara.

Para peneliti ini menemukan bahwa pengemudi yang menghirup aroma peppermint melaporkan rasa lelah yang lebih rendah dibandingkan dengan pengemudi yang menghirup udara tanpa pewangi.

Indikator waktu reaksi dan variabel mata juga mendukung bahwa kewaspadaan pengemudi meningkat selama stimulasi aroma peppermint, tetapi tidak pada kelompok yang hanya terpapar udara.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved