Breaking News:

Berita Video

Jembatan Pelabuhan Internasional Kijing di Mempawah Ambruk, Akses Menuju Dermaga Putus

Berikan imbauan dan peringatan kepada seluruh para pekerja untuk meninggalkan lokasi Pelabuhan Kijing

Editor: Jamadin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Akibat cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Mempawah, mengakibatkan Trestel (Jembatan) di Pelabuhan Terminal Internasional Kijing di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat abruk.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Paur Humas Polres Mempawah, Bripka Susworo Putu Sastro, membenarkan kejadian tersebut.

Menurutnya kejadian tersebut terjadi pada Rabu 14 Juli 2021 sekitar pukul 02.00 WIB.

"Benar, jebolnya Trestel tersebut sekitar pukul 02.00 dini hari, dan dengan jebolnya trestel tersebut sehingga akses menuju dermaga terputus, namun dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa," katanya kepada Tribun, Rabu 14 Juli 2021.

Dikatakan Susworo, saat ini pihak PT Wijaya Karya sedang melakukan evakuasi terhadap beberapa karyawan, driver dan para pekerja lainnya yang terjebak di dermaga pelabuhan terminal kijing untuk di angkut kedaratan dengan menggunakan kapal takeboat.

Progres Pembangunan Pelabuhan Kijing Capai 80 Persen, Kadishub LH: Ditargetkan Maret 2021 Rampung

"Imbauan dari pihak PT Wijaya Karya juga, untuk sementara seluruh para pekerja untuk meninggalkan lokasi trestel karena cuaca buruk," terangnya.

Untuk saat ini kata Susworo, analisa di lapangan bahwa jebolnya trestel pelabuhan terminal kijing tersebut diakibatkan karena kerasnya hantaman ombak, sehingga tiang pancang trestel goyang sehingga mengakibatkan trestel retak.

"Jika cuaca tidak ada perubahan tidak menutup kemungkinan, terjadinya keretakan pada trestel yang masih utuh akibat adanya hantaman ombak pada tiang pancang atau penopang trestel, dan mengakibatkan runtuhnya trestel," terangnya.

Untuk itu juga kata Susworo, Polres Mempawah juga mengimbau kepada pekerja untuk tetap waspada.

"Berikan imbauan dan peringatan kepada seluruh para pekerja untuk meninggalkan lokasi Pelabuhan Kijing demi keamanan mengingat situasi cuaca yang masih buruk," tutupnya. 

[Update Berita Seputar Kabupaten Mempawah]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved