Breaking News:

Ditemukan Kasus CT-10, Berikut Penjelasan Gubernur Sutarmidji

Biasanya CT hanya 30, itu sekarang ada yang 12 bahkan 10 dan sudah ada beberapa kasus yang ditemukan di Sambas, Entikong, tapi di Pontianak belum ada

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Gedung Perbasi Pontianak, Senin 21 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengatakan beberapa waktu lalu telah ditemukan kasus konfirmasi dengan CT-10 yang sekama ini belum pernah ada.

“Saya lihat sekarang ini ada kasus dengan CT- 10. Ini artinya baru sekarang ada, selama ini belum pernah ada. Namun yang terkecil yang kita temukan itu CT 12,”ujarnya, Rabu 23 Juni 2021.

Artinya, kalau CT semakin kecil nilainya, viral loadnya atau kandungan virusnya justru semakin tinggi.

“Biasanya CT hanya 30, itu sekarang ada yang 12 bahkan 10 dan sudah ada beberapa kasus yang ditemukan di Sambas, Entikong, tapi di Pontianak belum ada,”jelasnya.

Minta Kepala Daerah Tegas, Sutarmidji: Jangan Ragu Tindak Pelanggar Protokol Kesehatan

Dikatakannya di sejauh ini di Kota Pontianak baru ditemukan yabg CT 12 dan sudah bergejala.

“Kita khawatir ini bisa mempercepat penularan. Intinya sekarang semua harus pakai masker, meski sudah vaksin harus tetap pakai masker,”ujarnya.

Kemudian hilangkan pikiran yang membuat stress, makan-makanan yang membuat imunitas kuat.

Dikatakannya CT yang 10 ini belum diketahui apakah masuk dalam varian virus baru, tapi hasil swabnya sudah dikirim ke Jakarta untuk diperiksa.

“Kalau kasus di Entikong CT 10 bukan PMI tapi masyarakat setempat,”ucapnya.

Dikatakannya pada CT 10 ini tergantung, apakah dirawat atau tidak, tapi diharuskan difasilitasi kalaupun dia tidak bergejala tetap diisolasi di tempat yang disiapkan pemerintah, tidak boleh isolasi mandiri karena kalau tidak disiplin penyebarannya bisa cepat sekali.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan saat ini kasus yang CT-10 sedang di Isolasi oleh Diskes Sanggau.

“Jadi mereka malam itu setelah diketahui langsung di jemput dan diisolasi di rumah isolasi yang disiapkan pemerintah dan sekarang masih diisolasi. Mereka ini ada satu kelurga,”ujarnya.

Jadi setelah diketahui di Untan CT 10-12-13 mereka langsung di jemput Diskes Kabupaten Sanggau yang saat ini masih diisolasi dengan kondisinya stabil karena OTG. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved