Breaking News:

Kerumunan Warga Jadi Hambatan Upaya Pemadaman Kebakaran di Sintang

Martin berharap, kedepan apabila ruko dibangun kembali agar memperhatikan sejumlah aspek, termasuk akses jalan

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Try Juliansyah
TRIBUN PONTIANAK/ ISTIMEWA
Musibah kebakaran melanda Kawasan Pasar Taman Tembesuk, yang berada Jalan Wirapati, Sungai Durian, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, pada selasa malam menghanguskan puluhan ruko. Data Polres Sintang mencatat, jumlah ruko yang terbakar sekitar 60 pintu. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, kerugian materil ditaksir mencapai Rp 35 miliar rupiah. Korsleting listrik diduga jadi pemicu kebakaran. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sintang Martin Nandung, mengungkapkan kerumuman warga di lokasi kebakaran mengambat upaya pemadaman.

Mobilisasi armada tersendat karena banyaknya warga yang memadati ruas jalan di kawasan ruko yang terbakar.

“Kendala adalah banyaknya warga yang berbondong-bondong memadati lokasi kebakaran sehingga menyulitkan akses keluar masuk kendaraan saat mengambil air di Sungai Kapuas. Seharusnya warga memberikan ruang untuk mobilitas kendaraan," kata Martin Nandung, Rabu 9 Juni 2021.

Kendala lainnya, pemadam kebakaran juga kesulitan sumber air. Sebab di lokasi kebakaran tidak ada sumber air seperti graound tank. Sehingga tim pemadam kebakaran harus mengambil air ke Sungai Kapuas.

UPDATE Kebakaran di Komplek Pasar Tembesuk Sintang Diperkirakan Hanguskan 30 Ruko

"Untungnya air sungai sedang naik sehingga lebih mudah menjangkaunya," katanya.

Martin berharap, kedepan apabila ruko dibangun kembali agar memperhatikan sejumlah aspek, termasuk akses jalan untuk mempermudah mobil damkar melakukan pemadaman.

"Agar ke depannya rumah toko ini akan dibangun, dibuat lorong yang lebih besar dan bisa diakses oleh kendaraan pemadam kebakaran. Sehingga jika terjadi musibah kebakaran, kendaraan bisa masuk. Ada rencana kalau kita membangun waterfront Sungai Durian nanti, kita juga akan membangun ground tank beton dan hydrant sehingga akan memudahkan proses pemadam kebakaran ke depannya," ujar Marten. (*)

(Simak berita terbaru dari Sintang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved