Breaking News:

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 152 153 154 155 156 157 158 Subtema 3 Daerah Tempat Tinggalku

Simak kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 4 SD Subtema 3 pembelajaran 4  halaman  151, 152, 153, 154, 155, 156, 157, dan 158

Buku Tematik terpadu kurikulum 2013
KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 152 153 154 155 156 157 158 Subtema 3 Daerah Tempat Tinggalku. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pada artikel ini terdapat pembahasan kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD berjudul Daerah Tempat Tinggalku subtema 3 Pembelajaran 4 tentang Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.

Untuk lebih lengkapnya terdapat halaman  151, 152, 153, 154, 155, 156, 157, dan 158.

Terdapat 3 subtema diantaranya Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku, Subtema 2: Keunikkan Daerah Tempat Tinggalku dan Subtema 3 : Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.

Kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Simak kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 4 SD Subtema 3 pembelajaran 4  halaman  151, 152, 153, 154, 155, 156, 157, dan 158 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

(Update Infomasi Kunci Jawaban)

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 122 124 126 127 128 129 130 131 132 Subtema 3 Tempat Tinggalku

Ayo Bermain Peran

Bentuklah kelompok terdiri atas tiga anak. Kemudian, carilah cerita fiksi yang di dalamnya memiliki minimal tiga tokoh. Tuliskan nama dan sifat tokoh yang ada pada cerita yang telah dipilih. Peragakan peran dengan sifatnya yang sesuai dari cerita itu di depan kelompok lain. Sebagai contoh, kamu memeragakan Patih Gadjah Mada dan dua orang temanmu sebagai prajuritnya. Patih Gadjah Mada mengajak dua prajurit untuk melawan musuh. Dialog saat bermain peran sebagai berikut.

Patih Gadjah Mada :  “Prajurit, lawan musuh kita dengan semangat! Mari Kita serang bersama-sama. Serbuuuu!” (Patih Gadjah Mada berdiri tegap di depan kedua prajurit, tangan kanan menuding ke arah musuh)

Dua Prajurit  : “Semangat, Patih! Serbuuuu!” (Kedua prajurit, mengangkat tombak)
(Patih Gadjah dan Dua Prajurit, berlari)

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 170 171 173 174 175 176 177 Subtema 3 Bangga Tempat Tinggalku

>>> Halaman 152

Ayo Mengamati

Cerita Tentang Cindelaras

Gambar di atas menunjukkan gambar cerita Cindelaras? Pernahkah kamu membaca cerita Cindelaras? Atau mungkin kamu melihat video drama Cindelaras ? Coba, kamu cari informasi tentang cerita Cindelaras. Kamu bisa membaca buku atau kamu bisa memutar video. Kemudian, tuliskan ringkasan mengenai cerita Cindelaras pada kotak di bawah.

Jawaban : 

Cerita ini bermula pada kisah keluarga Raden Putra, raja dari Kerajaan Jenggala yang memiliki sikap agak ceroboh. Raden Putra memiliki dua orang istri, yaitu satu permaisuri dan satu selir. Sang selir pun tidak terima karena hanya dianggap sebagai selir sehingga selir dari Raden Putra bekerjasama dengan tabib istana untuk menuduh permaisuri telah meracuni selir dari raja Raden Putra.

Raja Raden Putra memerintah kepada patih untuk membuat sang permaisuri tanpa mengecek terlebih dahulu atas kebenaran dari informasi tersebut. Sang permaisuri tidak meninggal akan tetapi sang permaisuri masih dalam kondisi hamil. Permaisuri tinggal di hutan bersama seekor ayam jago dan putra dari Raden Putra yang bernama Cindelaras.

Cindelaras berniat bertemu ayahnya dengan menantang ayahnya sendiri untuk melakukan adu ayam. Singkat cerita, ayam dari Cindelaras menang dan Raden Putra mengakui Cindelaras sebagai anaknya dan menceritakan kebenarannya kepada Raden Putra. Sebagai konsekuensi dari selirnya, Selir dari Raja Raden Putra dibuang ke hutan dan sang permaisuri dibawa kembali ke istana.

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 141 143 144 145 146 147 148 149 150 Subtema 3 Tempat Tinggalku

>>> Halaman 153

Berdasarkan cerita “Cindelaras”, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.  Siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita “Cindelaras”?

Jawaban:

Tokoh utama dalam cerita “ Cindelaras ” adalah Cindelaras

2.  Siapakah yang menjadi tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita “Cindelaras”?

Jawaban

Tokoh pembantu atau tambahan dalam cerita Cindelaras yaitu ibu, burung rajawali, ayam, pengawal, dan Raden Putra.

3.  Siapakah tokoh yang berperan antagonis dalam cerita “ Cindelaras”?

Jawaban:

Tokoh antagonis dalam cerita adalah Raden Putra.

4.  Mengapa tokoh dalam soal nomor 2 dikatakan berperan antagonis?

Jawaban:

.Raden Putra termasuk tokoh antagonis karena menuduh ibu Cindelaras meracuni adiknya,
lalu mengusir ibu Cindelaras dari istana.

5. Siapa lawan dari tokoh antagonis? Tuliskan contoh tokoh yang berperan protagonis dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawaban:

Lawan dari tokoh antagonis adalah tokoh protagonis. Tokoh protagonis dalam cerita tersebut yaitu Cindelaras, ibu, burung rajawali, ayam, dan pengawal

Jawablah pertanyaan di atas pada kolom berikut.

Kamu telah mampu menunjukkan tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Cindelaras”. Masih ingatkah kamu dengan pengertian tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan?

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 133 134 135 137 139 140 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku

>>> Halaman 154

Ayo Menulis

Coba, kamu ingat kembali pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan. Selanjutnya, tuangkan kembali dalam bentuk tulisan tentang pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan sesuai ingatanmu. Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban :

Tokoh adalah para pelaku yang terdapat pada cerita fiksi, Tokoh berperan sebagai pembawa cerita. Tokoh utama adalah tokoh yang mendominasi keseluruhan cerita. Jadi, tokoh utama paling terlibat dengan makna dan teman, paling banyak berhubungan dengan tokoh lain, dan paling banyak memerlukan waktu penceritaan. Sebaliknya, tokoh tambahan adalah tokoh yang kehadirannya dalam cerita sekedar mendukung tokoh utama, tetapi pemunculannya diperlukan.

Karakter atau sifat dalam sebuah cerita bermacam-macam. Dalam kehidupan sehari-hari pun, karakter manusia juga beragam. Meskipun demikian, manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Selain itu sebagai manusia, kita harus saling membantu. Mengapa demikian?
Kita hidup pasti memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan hidup?

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan kegiatan ekonomi. Coba amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasikan kegiatan ekonomi orang-orang di daerahmu. Apakah pekerjaan mereka? Pekerjaan yang dimaksudkan yaitu mata pencaharian sehari-hari yang hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mata pencaharian penduduk dapat dilihat dari corak kehidupan penduduk setempat, yaitu corak kehidupan tradisional (sederhana) dan corak kehidupan modern (kompleks).

Mata pencaharian penduduk yang memiliki corak sederhana sangat berhubungan dengan pemanfaatan lahan dan sumber daya alam. Contohnya pertanian, perkebunan, dan peternakan. Adapun mata pencaharian penduduk yang memiliki corak modern biasanya lebih mendekati sektor jasa, transportasi, dan pariwisata. Bagaimanakah dengan penduduk di lingkungan tempat
tinggalmu?

>>> Halaman 155

Ayo Mengamati

Kamu telah memahami berbagai jenis pekerjaan berdasarkan corak kehidupan penduduk setempat. Lakukan pengamatan terhadap kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu! Apa saja jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah semua penduduk di sekitarmu menekuni pekerjaan sesuai corak kehidupan sederhana atau sebaliknya sesuai corak kehidupan modern? Tuliskan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu sesuai hasil pengamatanmu! Buat kesimpulan sesuai dengan corak kehidupan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu? Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawaban :
Jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk di lingkungan tempat tinggalku adalah peternak dan petani. Penduduk dilingkungan tempat tinggalku menekuni pekerjaan corak kehiduan sederhana.

Kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarku adalah mengolah, menanam, memanen hasil ternak dan pertanian.

Ayo Membaca

Keragaman Karakteristik Individu

Adanya keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi penduduk Indonesia menunjukkan adanya perbedaan karakteristik individu dalam masyarakat. Adanya karakteristik individu dalam
masyarakat sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak manfaat lain adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi. Contohnya sebagai berikut.

1.  Menumbuhkan Sikap Nasionalisme
Sikap nasionalisme dalam diri setiap individu dapat tumbuh dengan adanya rasa cinta tanah air. Rasa cinta tanah air tecermin dari sikap mau menerima keragaman karakteristik individu dalam masyarakat sebagai kekayaan khazanah budaya bangsa Indonesia. Dengan demikian, masyarakat akan senantiasa menjaga keragaman karakteristik individu dalam masyarakat, bukan menghilangkan keragaman tersebut.

2. Menciptakan Identitas Bangsa di Mata Internasional
Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia telah dikenal bangsa-bangsa dunia sebagai identitas diri bangsa Indonesia. Indonesia dikenal sebagai bangsa yang beragam karakteristik
masyarakatnya, tetapi bisa bersatu dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Alat Pemersatu Bangsa
Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia pada hakikatnya menjadi alat pemersatu bangsa, bukan sebagai pemecah persatuan dan kesatuan bangsa. Kunci sukses mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam keragaman yaitu memegang teguh semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

4. Sebagai Ikon Pariwisata
Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia akan memperkaya khazanah budaya bangsa. Kekayaan khazanah budaya masyarakat Indonesia yang beragam memberikan nilai keunikan dan keindahan tersendiri sehingga mampu menarik wisatawan manc negara untuk mengetahui dan mempelajari keragaman budaya Indonesia.

5. Menambah Pendapatan Nasional
Dengan menjadi simbol pariwisata, otomatis akan menambah devisa atau pendapatan negara. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke tempattempat pariwisata Indonesia.

6. Memupuk Sikap Toleransi
Adanya keragaman karakteristik masyarakat Indonesia menuntut sikap toleransi yang tinggi dari segenap masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sikap toleransi antarmasyarakat dapat ditunjukkan dengan sikap saling menghormati perbedaan yang ada, tolong-menolong tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada, dan menjunjung tinggi kepentingan bersama daripada kepentingan individu atau kelompok.

>>> Halaman 157

Ayo Menulis

Sudahkah kamu memupuk sikap toleransi dalam keragaman dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Apa bentuk tindakan memupuk sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Coba, kamu tuliskan tindakan-tindakanmu yang mencerminkan
sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawaban :

Tindakan saya yang mencerminkan sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan tempat tinggal saya adalah dengan cara menghargai dan menghormati perbedaan yang ada, tidak memaksakan hak setiap orang, saling menghromati kepercayaan (keyakinan) atau adat istiadat yg ada.

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajaran pada hari ini? Bagaimana perasaanmu saat melakukan kegiatan pada pembelajaran ini. Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban :

Yang sudah saya pelajari hari ini adalah :
1. Bermain peran
2. Membuat ringkasan cerita Cindelaras
3. Menentukan tokoh dalam cerita
4. Manfaat adanya keragaman karakteristik individu

Perasaan saya saat mengikuti pelajaran pada hari ini semangat belajar dan senang.

>>> Halaman 158

Kerja Sama dengan Orang Tua

Dalam kegiatan ekonomi, banyak jenis pekerjaan yang ditekuni masyarakat. Semua dilakukan dengan tujuan yang sama yaitu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi masyarakat tersebut sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Coba, kamu diskusikan bersama orang tuamu hal yang akan terjadi jika semua masyarakat hanya menekuni satu jenis pekerjaan. Semua menekuni pekerjaan yang sama.
Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jawaban 
1. Tidak dapat memenuhi kebutuhan
2. Terjadi persaingan terus menerus
3. Akan banyak pengangguran,karena lapangan kerja sudah penuh dan semua orang memiliki profesi yang sama.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved