Breaking News:

Ramadan 2021

Apakah Masih Boleh Sahur Saat Adzan Subuh Berkumandang? Berikut Penjelasannya

Sahur adalah sunnah Rasulullah Saw dalam berpuasa, bahkan dengan makan sahur menjadi pembeda antara puasanya orang muslim dan puasanya ahli kitab.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Ilustrasi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sahur merupakan santapan yang dilakukan umat muslim saat bulan ramadan untuk berpuasa diesok harinya.

Sahur umumnya dianjurkan untuk dilaksanakan sebelum adzan subuh.

Lalu bagaimana jika baru terbangun ketika adzan subuh, apakah masih boleh sahur?

Begini penjelasannya.

Tribunners
Ustaz, Bolehkah Sahur Pada Saat Adzan Subuh Sudah Berkumandang karena Baru Terbangun?
08567654××××
Tian

Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto :
Sahur adalah sunnah Rasulullah Saw dalam berpuasa, bahkan dengan makan sahur menjadi pembeda antara puasanya orang muslim dan puasanya ahli kitab.

Riwayat Amri bin Ash bahwa Rasulullah SAW sesungguhnya yang membedakan puasanya kami dan puasa orang ahli kitab yakni makan sahur" (HR Abu Daud). Mengingat pentingnya makan sahur dalam riwayat Anas bin Malik bahwa Rasulullah bersabda "Makan sahurlah, maka sesungguhnya makan diwaktu sahur itu barokah" (HR Bukhori).

Namun saat terbangun sudah terdengar adzan subuh, bagaimana yang mesti dilakukan, apakah diperbolehkan makan sahur atau tidak?. Dalam QS Al Baqarah ayat 187 "....dan makan minumlah hingga terang bagimu yakni fajar".

Baca juga: Anak-anak dan Remaja Surau Al-Ikhlas Berbahagia Berbagi Santapan Sahur

Sedangkan dalam sebuah hadits yang diriwayat Anas bin Malik dari Zahid bin Tsabit, dia berkata: "Kami makan sahur bersama Rasulullah Saw, kemudian (setelah makan sahur) kami berdiri untuk melaksanakan sholat. Aku (Anas bin Malik) berkata: "Berapa perkiraan waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan shalat fajar)?" Zahid bin Tsabit berkata: "seperti waktu yang dibutuhkan untuk membaca) 50 ayat". Berdasarkan penjelasan tersebut menandakan adzan subuh dikumandangkan saat terbit fajar.
Sungguhpun demikian dalam hadits riwayat Abu Daud dijelaskan, melanjutkan makan saat terdengar suara adzan masih diperbolehkan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: "Jika salah seorang di antara kalian mendengar adzan sedangkan sendok terakhir masih ada di tangannya, maka janganlah dia meletakkan sendok tersebut hingga dia menunaikan hajatnya hingga selesai." (HR. Abu Daud).

Tetapi yang mesti dimengerti bahwa hadits diatas terdengar kumandang adzan saat sedang menikmati makan sahur, bukan baru bangun dari tidur.

Maka didasarkan Firman Allah QS Al Baqarah 187 dan beberapa hadist saat bangun terdengar adzan subuh maka tetap diperbolehkan makan dan mengambil secukupnya sehingga saat adzan berhenti makannya juga berhenti. Atau apabila ingin lebih hati-hati cukup minum saja. Wallahu a'lam. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved