Anak-anak dan Remaja Surau Al-Ikhlas Berbahagia Berbagi Santapan Sahur

Dalam rangka menyemarakan ramadan terlebih menjelang malam malam ganjil dengan harapan dapat memperoleh keberkahan dimalam lailatul qadar.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Anak-anak dan remaja Surau Al-Ikhlas, Sungai Beliung, Pontianak Barat saat turun ke jalan untuk membagikan makanan sahur kepada beberapa warga di kawasan Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. IST 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menyemarakan dan mengisi ramadan tahun ini, satu diantaranya ialah kegiatan yang dilakukan anak-anak dan remaja Surau Al-Ikhlas, Sungai Beliung, Pontianak Barat.

Mulai pukul 23.00-02.WIB mereka turun ke jalan untuk membagikan makanan sahur kepada beberapa warga di kawasan Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Sasaran anak-anak dan remaja tersebut ialah mendatangi warga yang sedang bekerja di gelap malam, seperti membersihkan truk sampah, warga yang berjualan menggunakan gerobak, pemulung yang memungut sampah, serta warga yang tidur di emparan dan yang iktikaf di masjid.

Sebanyak 300 kotak nasi dibagikan kepada beberapa warga tersebut, yang dibagikan secara bertahap.

Ketua koordinator kegiatan, Amirudin mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk mengedukasi anak anak sejak dini belajar bersedekah tidak perduli waktu dan kapanpun untuk bersedekah.

Baca juga: Anak Panti Amal Jariyah Setiap Hari Khatamkan Al Quran

Selain itu juga dalam rangka menyemarakan ramadan terlebih menjelang malam malam ganjil dengan harapan dapat memperoleh keberkahan dimalam lailatul qadar.

"Alhamdulilah kegiatan berjalan lancar, kami sengaja melibatkan anak-anak dan remaja Surau Al-Ikhlas ini untuk mengedukasi mereka agar gemar bersedekah, dan belajar menghargai makanan karena diluar sana banyak orang yang rela bekerja tengah larut malam demi mencari sesuap nasi," ungkap Amirudin, Rabu 5 Mei 2021.

Ia pun berharap dapat menjangkau lebih banyak warga yang diberikan makan sahur dengan menu yang sehat untuk berpuasa.

Kegiatan ini, kata dia, juga akan diagendakan setiap tahunnya di bulan ramadan, serta mematuhi protokol kesehatan ketat, anak-anak diberikan masker dan setiap usai memberikan makanan sahur mereka menyemprotkan cairan hand sanitizer dan menjaga jarak untuk mengurangi resiko terpapar covid-19.

Sementara itu, satu diantara anak remaja Surau Al-Ikhlas, Aisyah dwi Aqila yang baru berusia delapan tahun mengaku senang dengan kegiatan berbagi makan sahur kepada yang membutuhkan tersebut

Aisyah pun mengaku rela bangun ditengah malam untuk ikut bersama-sama temannya membagikan nasi makan sahur.

"Senang sekali bisa ikut kegiatan ini, dan berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan lagi tidak hanya di bulan ramadan, serta merasa bersyukur bisa berbagi," ungkap Aisyah bahagia.

Salah seorang penerima nasi makan sahur, Hasan bersyukur dan berterimakasih atas perhatian anak-anak dan remaja, walau usianya masih kecil namun mereka sudah peduli terhadap sesama termasuk dirinya yang sedang bekerja membersihkan sampah sampah yang ada di truk sampah.

"Alhamdulilahlah dapat nasi buat sahur ini, dan senang melihat anak anak yang masih kecil tapi sudah belajar sedekah dan peduli terhadap sesama," ungkap Hasan.

Kegiatan ini selain dari dana patungan anak-anak dan remaja Surau Al-Ikhlas juga dari beberapa donatur yang mendukung kegiatan seperti anggota DPRD Kalbar dan pengusaha kratom Kubu Raya yang mengaku senang hati dalam mendukung dan memberi semangat kepada anak-anak tersebut untuk kegiatan mereka yang positif dan bernilai ibadah. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved