Breaking News:

Bunda, Berikut Ini 5 Bahan Pengganti Tepung Maizena untuk Masakan, Dijamin Aman

Jika kamu tidak memiliki tepung maizena saat memasak, bisa gunakan lima bahan alternatif maizena dilansir dari Healthline .

The Spruce
Ilustrasi tepung jagung. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Tepung maizena sering digunakan untuk membuat tekstur kue menjadi renyah atau sebagai pengental pada makanan berkuah seperti sup dan saus.

Jika kamu tidak memiliki tepung maizena saat memasak, bisa gunakan lima bahan alternatif maizena dilansir dari Healthline .

1. Tepung terigu

Terigu bisa menjadi pengganti maizena. Cara menggunakannya, kamu perlu dua kali lipat terigu dan tambahan air dingin agar efek yang diberikan bisa serupa dengan maizena.

Satu sendok tepung maizena, bisa diganti dengan dua sendok tepung terigu sebagai pengganti.

Baca juga: Promo Superindo 1 Mei 2021, Promo Terbaru Harga Lebih Hemat Mentega Tepung Hingga Cokelat Batangan

Caranya, campurkan dengan sedikit air dingin terlebih dahulu hingga membentuk pasta agar adonan tidak menggumpal saat dicampur dengan masakan.

Perlu diperhatikan bahwa tepung terigu tidak bebas gluten sehingga tidak cocok untuk penderita penyakit celiac, orang yang sensitif terhadap gluten.

2. Pati garut

Pati garut adalah tepung yang terbuat dari umbi garut atau akar tumbuhan marga Maranta. Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah tropis.

Akar tanama pati garut perlu dikeringkan lalu digiling menjadi bubuk halus, kemudian bisa digunakan sebagai pengental dalam masakan.

Halaman
123
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved