Breaking News:

Cegah Penularan Covid-19, Tak Ada Jadwal Kapal ke Pontianak di Masa Mudik IdulFitri

Dalam penerapannya, ia menjelaskan petugas akan melakukan pemeriksaan tiket serta berbagai syarat administrasi, serta melakukan tes suhu tubuh sebelum

TRIBUNPONTIANAK/FERRYANTO
Pelabuhan Dwikora Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Disebabkan Pandemi Covid 19 yang belum berakhir, Pemerintah secara resmi telah melarang kegiatan mudik pada tahun 2021 ini.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Melalui Genderal Manager Cabang Pelabuhan (IPC) Pontianak Udin Mahmuddin menyampaikan, dalam operasionalnya di masa Pandemi Covid 19, pihak pelabuhan selalu menerapkan Protokol kesehatan covid 19 sesuai arahan gugus tugas Covid 19, BNPB serta regulasi kementrian perhubungan.

Setiap orang yang hendak menggunakan transportasi air khususnya kapal antar provinsi diwajibkan tidak Terpapar Covid 19, dengan menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Tes Antigen, antibodi, ataupun Swab PCR.

Dalam penerapannya, ia menjelaskan petugas akan melakukan pemeriksaan tiket serta berbagai syarat administrasi, serta melakukan tes suhu tubuh sebelum para penumpang masuk kedalam kapal.

Selain itu, selama perjalanan pihaknya mewajibkan seluruh penumpang menerapkan Protokol kesehatan.

"Direncanakan dalam waktu dekat akan dibangun posko terpadu instansi terkait di area Terminal Penumpang Pelabuhan Dwikora Pontianak, walaupun nantinya tidak ada kapal penumpang yang masuk atau keluar,"ujarnya.

Baca juga: Waspadai Penumpang Positif Covid-19 Polresta Siapkan Pos Pengamanan di Pelabuhan dan Ketatkan Prokes

Kendati tidak adanya kapal penumpang menjelang dan beberapa hari setelah idul Fitri, IPC Pontiamak tetap memberikan pelayanan sesuai dengan fungsinya, sedangkan terkait penetapan atau pembatasan kapal adalah kewenangan dari regulator dalam hal ini adalah dari Kementerian Perhubungan.

Untuk kunjungan kapal sejak April hingga menjelang hari Raya idul fitri, berdasarkan jadwal yang disampaikan oleh Agen pelayaran, untuk Kapal PT Pelni sebanyak 13 Armada, sedangkan untuk kapal PT Dharma Lautan sebanyak 9 Armada.

"Selama 2 pekan Ramadhan ini agen kapal yang khusus mengangkut penumpang adalah PT Pelni, ada sebanyak 5 armada dengan jumlah penumpang turun 1.469 orang, sedangkan yang berangkat sebanyak 627 orang. Lalu untuk kapal roro sebanyak 3 kapal dengan jumlah penumpang turun 821 orang dan penumpang naik 1.359 orang,"tuturnya menjelaskan.

Dari papan informasi di loket, Jadwal kapal penumpang dari PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero di Pelabuhan Dwikora Pontianak pada bulan April 2021 sebanyak 10 kali Kedatangan dan Keberangkatan, yang dimulai sejak tanggal 4 April hingga 28 April 2021 dengan 3 kapal, pertama KM Bukit Raya, kedua KM Lawit dan tiga KM Sabuk Nusantara.

Kemudian, pada bulan Mei 2021, terdapat dua jadwal keberangkatan yakni KM Bukit Raya pada hari Minggu 2 April 2021, lalu KM Lawit pada 3 April 2021.

Di Pelabuhan Dwikora Pontianak saat ini sudah tersedia satu loket pelayanan Rapid Test Antigen dan Antobodi dari RS Bhayangkara Pontianak yang beroperasional setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. (*)

Penulis: Ferryanto
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved