Breaking News:

Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Selain menjadi seorang fasilitator, Sri juga merupakan pendiri dan pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sekolah Alam Terpadu Cerlang Pon

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
TripTalk (Tribun Pontianak Talk) hadirkan Fasilitator Sekolah Alam Terpadu Cerlang (Cerdas-Lincah-Riang), Sri Wartati, S.Pd. M.Hum,. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Jelang tahun ajaran baru pada Juli 2021, umumnya orangtua sibuk mencari sekolah terbaik untuk putra dan putrinya. Seringkali orangtua mencari sekolah dengan orientasi mengejar nilai akademis, namun lupa dengan poin utama pendidikan.

Oleh karena itu, untuk membahas sekolah terbaik bagi anak, TripTalk (Tribun Pontianak Talk) hadirkan Fasilitator Sekolah Alam Terpadu Cerlang (Cerdas-Lincah-Riang), Sri Wartati, S.Pd. M.Hum,.

Selain menjadi seorang fasilitator, Sri juga merupakan pendiri dan pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sekolah Alam Terpadu Cerlang Pontianak.

Dalam TripTalk yang berdurasi lebih kurang satu jam tersebut, Sri memberikan tips bagi para orang tua untuk memilih sekolah terbaik bagi putra dan putrinya.

Baca juga: 10.738 Siswa SD Kota Pontianak Terpaksa Ujian di Rumah, Syahdan: Ujian Sekolah Secara Online

Tips yang pertama ialah, para orang tua harus terlebih dahulu mengetahui nilai-nilai utama dalam keluarga, yang ingin ditanamkan pada anak. Setelah itu, orang tua dapat menentukan sekolah yang cocok untuk anak, agar nilai-nilai tersebut dapat tercapai.

Jaman selalu berubah. Oleh karena itu, anak-anak memerlukan pendidikan yang berorientasi pada masa depan (visioner). Dan skill di masa depan ada 10, di antaranya kreatif, mampu bekerja dan kolaboratif.  

"Contohnya orang tua yang menyekolahkan anaknya di sebuah sekolah, karena sudah turun temurun. Padahal jaman sudah berubah, sistem pendidikan juga berubah. Namun sekolah tersebut masih menggunakan skema dan model pembelajaran yang masih sama pada jaman nenek kita," jelas Sri, yang juga merupakan Ketua Harian Yayasan Suar Asa Khatulistiwa (SAKA).

Tips yang kedua untuk memilih sekolah yang terbaik bagi anak, ialah dengan memahami karakter anak dan menerapkan cara pendekatan yang tepat sesuai karakter anak. Orang tua harus terlebih dahulu mengenali karakter anak agar tidak salah memilih sekolah.

Dan yang terakhir, ia menyarankan agar para orang tua tidak menyekolahkan anaknya hanya karena ambisi ataupun prestise.  Kolaborasi dengan orangtua merupakan guru utama.

Sebagai satu di antara Fasilitator Sekolah Alam Terpadu Cerlang, Sri, menjelaskan jika Cerlang adalah sekolah yang berpusat pada anak. Dengan mengembangkan sikap positif terhadap belajar, yakni senang dan menikmati proses belajar, serta yakin mampu mengatasi kesulitan belajar. 

Cerlang memiliki beberapa program khusus untuk menumbuhkan kemampuan anak untuk beradaptasi dalam lingkungan yang majemuk.  (*)

Penulis: Rizki Fadriani
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved