Breaking News:

Nikmati Segarnya Cendol, Berikut Tips Membuat Cendol yang Enak di Rumah, Resep Koki Hotel Santika

Resep dan cara membuat cendol ini diberikan oleh Executive Sous Chef Hotel Santika Bandung, Fathul Abrar. harus menggunakan minimal dua bahan campuran

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA Via Kompas.com
Olahan Es Cendol yang Nikmat Ala Hotel 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Minuman cendol merupakan minuman favorit banyak masyarkata Indonesia. 

Es cendol adalah penganan yang dibuat dari tepung beras dan sebagainya yang dibentuk dengan penyaring, kemudian dicampur dengan air gula dan santan.

Cendol merupakan minuman penutup es manis yang mengandung tetesan tepung beras hijau, santan, dan sirup gula aren. 

Cendol sebagai minuman tradisional khas Indonesia ini dulunya terbuat dari tepung hunkwe, tetapi kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan.

Baca juga: PROMO KFC Hari Ini Senin 19 April 2021, Coba Menu KFC Krusher Cendol Buka Puasa di KFC Terdekat

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Di daerah Sunda Jawa Barat, minuman ini dikenal dengan nama cendol, sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet, khususnya Kabupaten Banjarnegara dengan minuman khasnya es dawet "ayu".

Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda dan Jawa hal ini merujuk pada sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.

Akhir pekan biasanya punya banyak waktu luang. Ngabuburit menunggu buka puasa, yuk belajar bikin cendol sendiri di rumah.

Cendol yang dibuat sendiri di rumah tentunya lebih higienis. Siapa tahu, jika sudah handal kamu bisa menjual cendol buatanmu.

Baca juga: Resep Minuman Segar Buka Puasa, Es Cendol Es Manado Es Cincau Es Campur & Es Buah

Resep dan cara membuat cendol ini diberikan oleh Executive Sous Chef Hotel Santika Bandung, Fathul Abrar, dihubungi Kompas.com. 

Fathul mengatakan intinya dalam membaut cendol harus menggunakan minimal dua bahan campuran tepung, bisa tepung beras, tepung tapioka, tepung sagu, atau tepung hunkwe.

Halaman
12
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved